Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Lho!

Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh. Kentang merupakan salah satu makanan berat yang kaya akan protein dan lemak yang tinggi.

Tidak semua orang menyukai sayuran ini, apalagi bagi yang sedang menjalankan program diet, kentang menjadi musuh terbesar untuk menykseskan program yang sedang dijalankan.

Padahal, perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat kentang untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya;

Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Mampu Mecegah Kanker

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung folat, dimana ia berperan dalam sintesis dan mampu memperbaiki DNA. Sehingga, dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain itu, vitamin C dan quercetin yang terkandung di dalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan serta melindungi beberapa kerusakan sel akibat radiasi bebas.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Mengapa demikian? Sebab kentang mengandung nutrisi yang rendah akan kolestrol, sehingga baik dikonsumsi.

Selain itu, kandungan serat yang dimikinya juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Mampu Menyeimbangkan Berat Badan

Kebanyakan orang yang sedang menajalani program diet takut mengkonsumsi makanan yang berbau kentang. Namun, sebenarnya kentang itu sangat baik dikonsumsi untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Tetapi dalam hal mengolahnya, anda harus tetap menghindari bahan seperti mentega, micin, minyak dan lain sebagainnya.

Kentang kaya akan vitamin, mineral, dan zat yang baik untuk menjaga pertahanan dalam tubuh. Pertahanan ini berfungsi melawan berbagai penyakit.

Bahkan kentang juga mampu menjaga kesehatan seluruh tubuh, termasuk mencegah Anda dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Mengobati Diabetes dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi, pasti disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi.

Sebab, kentang dapat menurunkan diabetes sekaligus mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Cara mengkonsumsinya pun cukup dengan menyimpannya ke dalam lemari es selama satu malam, baru setelah itu Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan dingin.

Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam kentang juga sangat mendukung dalam peningkatan keteraturan sistem pencernaan.

Pati yang terdapat pada kentang akan menambah jumlah feses, sebab tidak dapat dicerna kembali. Selain itu, kentang ini mengandung banyak kalium dan mineral untuk menjaga dari diare.

Perlu Anda ketahui juga, manfaat kentang tidak hanya pada buahnya, ternyata sebagian besar serat berada di kulitnya.

Pastnya, sayuran ini dapat diolah menjadi menu masakan apa saja, mulai dari olahan rumah tangga hingga menjadi makanan ringan.

Banyak orang yang mungkin menyepelekan manfaat kentang untuk kesehatan. Padahal banyak dan beragam sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...