Manfaat Kunyit Putih untuk Pengobatan Hingga Membunuh Sel Kanker

manfaat kunyit putih
Manfaat kunyit putih. Foto: Istimewa

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan ternyata jauh lebih unik dan lebih hebat ketimbang kunyit biasa yang berwarna oranye. Bahkan sekarang kunyit putih banyak dicari karena ampuh mengobati kanker dan tumor. Namun khasiat yang luar biasa itu belum dikenal secara luas.

Kunyit putih (Curcuma zedoaria) juga populer dengan sebutan kunir putih atau temu putih. Rimpang ini berbeda dengan kunyit biasa yang berwarna oranye (Curcuma longa). Untuk manfaat kunyit oranye sudah diulas dalam postingan lain.

Dibandingkan kunyit biasa yang sering dimanfaatkan untuk bumbu masakan, kunyit putih justru tidak untuk memasak. Kunyit jenis ini kerap dijadikan sebagai obat herbal. Pengobatan tradisional juga telah lama memanfaatkan rimpang ini untuk obat.

Manfaat kunyit putih untuk pengobatan terutama karena kandungannya yang kaya dengan senyawa kimia. Diantaranya diarilheptanoid yang merupakan zat warna kurkumin, minyak atsiri, minyak esensial dan sari pati.

Minyak atsiri kunyit putih sangat kaya senyawa kimia, seperti turunan germakran (kurdion, dehidrokurdion), turunan guaian (kurkumenol, kurkumol,  prokurkumenol, isokurkumenol, kurkurnadiol), asam-4-metoksi sinamat, seskuiterpena furanoid, Zederon, Isofuranodienon dan lainnya.

Sejumlah penelitian menemukan khasiat kunir putih ini karena sifat antitumor, anti-peradangan, hepatoprotektif dan analgesik. Dosen UGM juga telah menemukan khasiat kunyit putih dalam mengobati kanker.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Pengobatan

Kunir putih saat ini telah banyak dijual dalam bentuk kapsul yang mudah dikonsumsi. Cita rasanya yang sedikti pedas dan agak pahit menawarkan sejuta manfaat kunyit putih untuk pengobatan. Berikut ulasannya.

Mengatasi Kanker dan Tumor

Khasiat kunir putih yang saat ini banyak dicari orang adalah kampuhannya dalam mencegah sekaligus mengobati penyakit kanker dan tumor. Hal ini karena kandungan senyawa kurkuminoid, ethyl pmethocyvinnatate, flavonoid, demothxycurcumin dan bisdemothxycurcumin.

Mencegah Gangguan Jantung

Kandungan potasium, zat besi dan senyawa kimia lainnya dalam kunyit putih juga efektif meningkatkan sel darah merah dan melindungi kesehatan jantung. Kandungan kaliumnya juga efektif mengontrol denyut jantung dan tekanan darah.

Menyembuhkan Sakit Maag

Manfaat kunyit putih juga ampuh dalam menyembuhkan sakit maag. Herbal ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi dan gangguan pencernaan lainnya.

Mengatasi Alergi

Kandungan zat curcuminoids dalam kunyit putih juga berkhasiat sebagai anti-alergi. Herbal ini seperti antihistamin yang ampuh dalam mengobati gejala alergi yang menyerang kulit dan peradangan karena alergi.

Menangkal Racun

Kandungan kunyit putih juga bersifat antitoxic atau anti racun yang berkhasit melindungi tubuh dan membuang racun. Bahkan luka karena racun bisa ular juga bisa diatasi dengan menggunakan herbal ini.

Menyembuhkan Asma

Manfaat kunyit putih juga efektif untuk meredakan penyakit asma. Konsumsi herbal ini dengan madu secara rutin. Herbal ini juga berkhasiat menyembuhkan flu, pilek, batuk dan gangguan pernapasan.

Mengatasi Jerawat

Kandungan kunyit putih yang kaya antioksidan juga efektif untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Herbal ini juga efektif dijaikan masker wajah untuk mengatasi jerawat di wajah maupun menurunkan kadar minyak pada kulit.

Anti Penuaan Dini

Manfaat kunyit putih lainnya untuk mengatasi garis keriput dan flek yang sering muncul di wajah. Gunakan kunir putih bubuk untuk dijadikan masker atau lulur wajah dan kulit untuk menghaluskan serta mengencangkan kulit.

Baik untuk Program Diet

Kandungan senyawa dalam kunyit putih juga efektif untuk menurunkan kolesterol dan kadar gula darah, menekan resistensi insulin dan mengatasi gangguan metabolisme tubuh. Herbal ini juga sangat baik untuk diet.

Itulah berbagai manfaat kunyit putih yang ampuh membunuh sel kanker dan mengobati berbagai penyakit. Namun agar hasilnya efektif, konsumsi herbal ini secara wajar tanpa berlebihan serta sesuaikan dengan kondisi tubuh. (R9/HR-Online)