Manfaat Madu Hitam, Ampuh Atasi Diabetes hingga Kolesterol Tinggi

Manfaat Madu Hitam
Madu Hitam ternyata sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya diabetes hingga kolesterol tinggi. Foto:Ist/Net

Tahukah anda manfaat madu hitam untuk kesehatan? Berbeda dengan kebanyakan madu yang berwarna lebih terang, madu hitam berwarna lebih pekat. Di Indonesia, madu hitam sudah digunakan masyarakat untuk obat tradisional berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Meski rasanya lebih pahit dari madu biasa, madu hitam lebih kaya akan zat antioksidannya. Rasa pahit dari madu hitam berasal dari bunga pohon Mahoni yang kaya akan zat alkaloid.

Zat alkolid ini berperan sebagai anti infeksi pada tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, selain mengandung alkolid, madu hitam ternyata mengandung saponin, kromium, dan hemoglobin. Dengan banyaknya kandungan baik dalam madu hitam ini, banyak masyarakat yang mulai mencoba manfaat madu hitam.

Madu hitam kini banyak dijual dalam berbagai kemasan di apotek-apotek. Namun, akan lebih baik jika madu hitam diambil langsung dari sarangnya. Madu hitam yang masih alami memiliki banyak kandungan nutrisi dan belum terkontaminasi bahan kimia.

Mengapa manfaat madu hitam lebih unggul dari madu jenis lainnya? Madu hitam mengandung asam fenolat dan flavonoid. Asam fenolat ini berperan sebagai antioksidan alami yang dapat menghambat radikal bebas dalam tubuh.

Sejumlah penelitian menyebut, senyawa fenolat yang terkandung dalam madu hitam berperan sebagai senyawa antikanker, antiinflamasi, menghambat penyempitan pembuluh darah hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, kandungan senyawa flavonoid pada madu hitam akan membantu melindungi berbagai sel saraf dari kerusakan. Antioksidan pada madu hitam juga membantu tubuh meregenerasi sel-sel saraf di luar otak serta sumsum tulang belakang. Senyawa flovonoid juga berperan aktif dalam melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak dan kemampuan kognitif bisa tetap terjaga.

Manfaat Madu Hitam untuk Berbagai Penyakit

Lalu apa sajakah manfaat madu hitam untuk kesehatan? Berikut kami uraikan apa saja manfaatnya;

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Madu hitam mengandung alkaloid yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, madu hitam mengandung gula atau glukosa yang sangat rendah.

Hal tersebut menjadikan madu hitam lebih layak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Walaupun manfaat madu hitam baik untuk penderita diabetes, namun bagi anda penderita diabetes sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya.

Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat mengetahui dosis madu hitam yang tepat untuk anda dikonsumsi, sehingga komplikasi ataupun reaksi lainnya yang berakibat buruk bisa dihindari.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat madu hitam kedua yakni mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bagi anda yang sering memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya sering konsumsi madu hitam agar terhindar dari berbagai risiko penyakit mematikan akibat kolesterol tinggi.

Anda harus rutin mengonsumsi madu hitam agar kadar kolesterol bisa dinetralkan. Konsumsi madu hitam juga akan menurunkan seseorang dari serangan jantung koroner.

3. Menurunkan Gejala Asam Urat

Manfaat madu hitam ketiga yakni dapat meringankan kondisi gejala asam urat pada tubuh. Gejalan asam urat yang umum biasanya ditandai dengan nyeri pada sendi, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, sampai membuat penderitanya susah bergerak dan beraktivitas.

Mengonsumsi madu hitam secara rutin akan meringankan gejala asam urat yang anda derita, dan juga bisa mencegah asam urat agar tak kambuh lagi.

4. Mengatasi Gejala Lambung

Selain baik untuk penyakit diabetes, manfaat madu hitam juga baik untuk penderit sakit lambung atau maag. Sakit maag biasanya ditandai dengan rasa sakit pada bagian ulu hati, perut kembung, mual disertai muntah. Apabila sakit lambung dibiarkan dan tidak segera diobati, maka sakit lambung akan semakin parah dan menimbulkan luka atau borok pada bagian lambung.

Untuk mengobati sakit lambung secara alami, anda bisa mengonsumsi madu hitam. Madu hitam yang memiliki sifat antibiotik, akan mengurangi gejala sakit lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H.Pylori.

5. Obat Alergi

Manfaat madu hitam lainnya yakni bisa menjadi obat alergi. Kandungan flavonoid yang ada dalam madu hitam bisa mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan alergi. Misalnya saja asma, atopic, , rhinitis, eksem dan lainnya.

6. Viagra Alami

Mengandung zar afrodisiak, madu hitam bermanfaat untuk menambah stamina dan vitalitas. Konsumsi madu hitam secara rutin akan mampu menyembuhkan seseorang yang mengalami impotensi secara perlahan.

7. Antibiotik Alami

Manfaat madu hitam lainnya yakni sebagai antibiotik alami. Antibiotik ini diperlukan oleh tubuh untuk membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab berbagai penyakit menular ringan seperti, batuk dan sakit tenggorokan.

8. Bagus untuk Kecantikan Wajah

Jika pada wajah anda terdapat bintik-bintik hitam, tentu kecantikan anda akan sedikit berkurang. Konsumsi madu hitam akan melancarkan peredaran darah di wajah, sehingga tidak akan muncul lagi bintik hitam.

Anda juga dapat mengoleskan madu hitam pada bagian wajah, seminggu dua kali. Dengan rutin mengoleskan madu hitam pada wajah, bintik hitam akan berangsur hilang. Namun demikian, anda dianjurkan untuk menggunakan minyak zaitun sesudah melakukan terapi madu hitam pada wajah. Hal ini penting dilakukan agar anda terhindar dari efek madu hitam yang bisa saja membuat kult kering.

9. Program Diet

Manfaat madu hitam juga baik untuk anda yang tengah melakukan program diet. Madu merupakan sumber energi alami yang gampang diserap oleh tubuh. Konsumsi madu hitam akan membuat anda tetap bugar walau sedang diet. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...