Manfaat Micin Bagi Tanaman, Bisa Jadi Pupuk Ramah Lingkungan

Manfaat Micin Bagi Tanaman
Ilustrasi micin. Foto: net/Ist

Manfaat micin bagi tanaman bagi sebagian orang terasa sedikit aneh. Manfaat micin biasanya bagi kehidupan sehari-hari sebagai bahan penyedap rasa, namun ternyata bisa juga untuk tanaman.

Dengan menaburkan micin pada masakan, maka akan terasa lebih sedap dan lezat karena micin memiliki kandungan garam dan gula, sehingga dapat menguatkan rasa masakan.

Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) merupakan jenis garam natrium atau sodium yang berbentuk kristal dan terbuat dari asam glutamate. Jika dikonsumsi setiap hari tidak berbahaya, asalkan tidak berlebihan.

Micin jika dimakan langsung sebelum ditaburkan ke dalam masakan, maka tidak ada rasanya, bahkan cenderung pahit. Brand merk micin yang biasa dijumpai di pasaran di antaranya Sasa, Ajinomoto, Miwon dan lain-lain.

Manfaat Micin Bagi Tanaman

Di sisi lain, micin juga berguna bagi tanaman yang berpostur kecil, seperti tanaman sayur dan buah. Sehingga, salah satu manfaatnya dapat menyuburkan tanaman. Beberapa manfaat dari MSG ini bagi tanaman di antaranya:

1.  Meningkatkan Kadar Air

Micin atau MSG dapat mencegah tanaman kekurangan air yaitu dengan senyawa Natrium yang terkandung di dalamnya.

2.  Mempercepat Pembungaan

Micin atau MSG dapat mempercepat pembungaan terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias. Percepatan pembungaan ini dipengaruhi oleh senyawa Na yang ada dalam micin.

Jika bunga yang tumbuh pada suatu tanaman banyak, maka buahnya pun akan banyak. Tetapi, pemberian micin pada tanaman ini tidak di sarankan jika tanaman sedang berbuah.

3.  Pupuk Ramah Lingkungan

Manfaat micin bagi tanaman lainnya yaitu sebagai pupuk yang ramah lingkungan. Micin yang berbentuk kristal jika dilarutkan dengan air maka tidak akan mengubah warna tanah sama sekali.

Tanaman yang dipupuk dengan micin akan nampak sehat, segar dan berdaun lebat. Hal ini karena adanya senyawa C, H, O dan Na yang terkandung di dalamnya.

Tak hanya itu, senyawa Nitrogen juga berguna untuk merangsang pertumbuhan daun, cabang dan batang pada tanaman. 

Waktu yang bagus untuk pemberian micin yaitu pada tanaman yang berusia 2 minggu ditanam. Karena jika sudah berbuah baru dipupuk dengan micin maka akan berpengaruh pada rasa buah, rasa buah menjadi sedikit gurih dan kurang segar.  

Sebaiknya pemberian micin harus dengan dosis yang pas agar tanaman tidak layu dan mati. Berikut ini cara memberikan micin pada tanaman yaitu:

–  Siapkan ember kecil lalu bubuhkan 5 gram micin

–  Tambahkan 1 liter air sumur

–  Aduk hingga kristal micin larut bersama air

–  Siramkan pada tanah satu tangkai tanaman yang baru berumur 2 minggu

–  Jika tanaman lebih banyak, maka ukuran ini dapat berlaku kelipatan.

Alternatif lain jika ingin daun semakin hijau dan lebat maka bisa dengan menyemprotkan micin ke bagian daun tanaman.

Manfaat micin bagi tanaman bisa anda rasakan dengan tidak mencampurkan pupuk lain setelah diberi micin. Tanaman akan sehat dan buahnya bagus. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...