Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Silica Gel yang Jarang Diketahui

Manfaat Silica Gel yang Jarang Diketahui

Manfaat Silica Gel bagi sebagian orang merupakan hal yang aneh. Manfaat silica tersebut bisa dikatakan aneh karena melihat dari bentuk silica gel yang kecil.

Silica gel biasanya bisa kita temui ketika membeli produk barang yang kemasannya kardus seperti sepatu, tas, baju atau yang lainnya. Saat membuka kemasannya, ada bungkus kecil yang didalamnya berisi butiran seperti gula pasir. Nah itulah yang dinamakan silica gel.

Meski demikian, biasanya kita meremehkan barang kecil tersebut tanpa guna serta beranggapan bahwa silica gel sama sekali tidak ada manfaatnya dan langsung dibuang  tanpa basa basi.

Manfaaat Silica Gel

Silica gel memiliki manfaat yang luar biasa yang belum semua orang mengetahuinya. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

Silica Gel Dapat Merawat Lensa Kamera

Bagi kamu yang hobi foto, atau profesi kamu sebagai photografer, tentunya sayang jika memiliki lensa kamera tidak terawat.

Dengan harganya yang mahal, jika lensa kamera tidak dirawat dengan sungguh-sungguh akan berdampak pada tumbuhnya jamur pada lensa kamera.

Tumbuhnya jamur pada lensa kamera, dikarenakan adanya kelembaban dalam lensa kamera. Jamur tersebutlah yang akan membuat hasil kerja foto kita tidak maksimal, bahkan mengganggu titik fokus pada lensa.

Namun tidak perlu khawatir, bagi anda yang memiliki kamera beserta lensanya, cukup rawat dengan membeli silica gel. Manfaat silica gel pada lensa kamera mampu menghindari lensa kamera dari serangan jamur.

Kalau sudah tumbuh jamur, kadang agak ribet untuk mengatasinya. Jadi tunggu apalagi, gunakan silica gel untuk merawatnya sebelum jamur menyerang.

Silica Gel Dapat Mencegah Karat Pada Barang

Jika anda memiliki barang yang terbuat dari logam, biasanya sulit untuk menghindarkannya dari karatan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa merawat barang cukup hanya disimpan saja dalam wadah perkakas ketika sudah dipakai, namun tidak memperhatikan bagaimana jika keadaan cuaca dingin sehingga terjadi kelembaban dalam wadah perkakas tersebut.

Mengingat hal itu, perlu kiranya dalam perawatan barang, apalagi yang terbuat dari logam yang mudah terkena karatan, untuk lebih meningkatkan perawatannya.

Salah satu perawatannya dengan menyimpan silica gel pada wadah perkakas tersebut. Manfaat silica gel, mampu mencegah tejadinya kelembaban, sehingga tidak akan terjadi karatan pada barang kita.

Silica Gel Dapat Mengawetkan Album Photo

Meski album photo sudah kurang diminati di era digital ini, tapi bagi sebagian orang yang suka membuat album photo tentunya sangat sayang jika album photo mudah pudar warnanya atau habis dimakan rayap.

Bagi penggemar album photo, baginya album photo merupakan barang yang sangat berharga, karena mampu mengabadikan momen yang tidak akan terulang kembali semasa hidupnya.

Namun, tak banyak orang mengetahui bagaimana cara merawat album photo hingga dapat awet, tak mudah pudar dan habis dimakan rayap.

Salah satu cara merawat album photo tersebut yaitu dengan menyimpan silica gel pada album photo tersebut.

Manfaat silica gel mampu mencegah proses pelembaban pada album photo. Sehingga album photo mampu dilihat dan dinikmati kenangannya sampai kapanpun.

Silica Gel Dapat Mencegah Jamur pada Alat Make Up

Bagi para wanita, alat make up ibarat berlian yang sangat berharga. Dengan alat make up, sebagian perempuan mampu merawat kecantikannya agar dapat tampil percaya diri di ruang publik.

Namun tentunya, semua wanita tidak ingin jika alat make upnya mudah terkena jamur, sehingga harus membeli lagi alat make up yang baru.

Salah satu cara merawat alat make up yaitu dengan cara menyimpan silica gel pada alat make up tersebut.

Silica gel mampu mencegah proses pelembaban pada alat make up, sehingga tidak akan mudah terkena jamur. Jika alat make up disimpan dalam tas, coba masukkanlah silica gel pada tas tersebut.

Jika alat make up disimpan di dalam lemari, coba simpanlah silica gel pada lemari tersebut, dan sebagainya. Hal tersebut agar alat make up mampu dipakai lebih lama dan tidak mudah terkena jamur.

Silica Gel Dapat Menyelamatan Handphone yang Terkena Basah

Sebagian orang tentunya pernah mengalami kejadian handphone yang terkena air, atau masuk dalam bak mandi, dan sejenisnya.

Bagi yang pernah mengalaminya, kejadian tersebut membuat hati merasa resah karena handphonenya terkena banyak air yang akan menyebabkan rusak. Apalagi jika handphonenya adalah handphone mahal, tentunya membuat hati orang tersebut membuat dagdigdug atau bisa dikatakan sport jantung.

Jika anda mengalami hal tersebut, janganlah khawatir atau panik. Handphone yang terkena basah mampu diatasi dengan silica gel.

Silica gel mampu menyerap proses pelembaban dan membuat handphone kamu kering seperti sedia kala.

Jika kita sudah mengetahui bagaimana kehebatan manfaat silica gel, kenapa harus disepelekan lagi silica gel tersebut. Segera gunakan silica gel sebelum proses kelembaban yang dapat menumbuhkan jamur menyerang barang anda, dan membuat anda menangis. (Muhafid/R6/HR-Online)