70 Persen Masyarakat Winduraja Ciamis Sudah Laksanakan Sensus Penduduk Secara Online

70 Persen Masyarakat Winduraja Ciamis Sudah Laksanakan Sensus Penduduk Secara Online
70 persen masyarakat Winduraja, Kecamatan Kawali, Ciamis sudah laksanakan sensus penduduk secara online. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sekitar 70 persen masyarakat Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sudah melaksanakan sensus penduduk secara mandiri (online). Disaat darurat wabah virus corona yang terus diwaspadai, capaian ini tentu sangat menggembirakan.

Pjs Kepala Desa Winduraja, Totong Muhtar, mengaku bangga dengan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam melaksanakan sensus penduduk secara online. Kata dia, dari tanggal yang dijadwalkan yaitu tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, pelaksanaan sensus penduduk secara mandiri di Winduraja sudah terselesaikan hingga 70% .

“Capaian ini membuat Desa Winduraja menjadi terbaik di tingkat Kecamatan. Keberhasilan ini berkat peran aktif masyarakat untuk melakukan sensus penduduk secara mandiri sangat tinggi,” ujarnya Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, sensus penduduk secara online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. “Ya tentunya bisa dilakukan sendiri selama masyarakat mampu mengakses internet,” katanya.

Sementara itu, salah satu petugas sensus penduduk Erna mengatakan, pelaksanaan sensus penduduk akan dilaksanakan dua tahap.

Tahap pertama sensus penduduk nline atau secara mandiri  dan tahap kedua  sensus penduduk dengan metode wawancara, yaitu berupa pemeriksaan daftar penduduk, verfikasi lapangan, dan pencacahan lengkap melalui dor to dor langsung ke rumah warga.

Sensus pendataan langsung dilaksanakan bagi masyarakat yang belum melakukan sensus mandiri. “Untuk sensus dengan metode pendataan langsung akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti,” ungkapnya.

Sementara itu perangkat desa Winduraja Ade Rosmiati, menambahkan, sensus penduduk dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali, dengan tujuan untuk mengetahui jumlah penduduk, distribusi penduduk, komposisi penduduk mulai dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan lainnya.(Edji/R8/HR Online)