Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruMedia Pembelajaran Online ini Bisa Dijadikan Pilihan

Media Pembelajaran Online ini Bisa Dijadikan Pilihan

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Media pembelajaran online ini bisa dijadikan pilihan. Belajar secara online saat ini sedang marak dilakukan dalam rangka social distancing. Tujuannya untuk menjaga jarak dengan orang lain agar terhindar dari penularan virus covid-19.

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini bisa membuat belajar di rumah menjadi efektif dengan menggunakan media pembelajaran online.Namun, apa saja media belajar yang bisa dimanfaatkan, berikut ini ulasannya;

WhatssApp Group

Media Pembelajaran Online yang pertama dan paling banyak digunakan adalah whatsapp group.

Meski bisa dikatakan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi pengirim pesan. Namun, aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat grup percakapan.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membentuk grup belajar.

Dalam whatssapp grup, pengguna bisa mengirim berbagai dokumen seperti video, foto bahkan file presentasi. Sehingga anggota grup bias saling berbagi materi.

Selain itu, fitur voice note juga bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan materi yang sedang dipelajari.

Google Suite for Education

Media Pembelajaran Online selanjutnya berasal dari google, yaitu google suite for education. Google suite for education ini bisa diakses secara online maupun offline.

Fitur untuk media belajar yang dimaksud adalah classroom. Disini guru dapat membuat kelas untuk aktifitas belajar mengajar dan siswa dapat mengikuti kelas tesebut.

Dalam classroom ini, guru dapat memberikan tugas, penilaian dan percakapan tertulis. Selain itu, classroom juga mendukung streaming video yang memungkinkan guru memberika materi secara langsung melalui video.

Ruangguru

Media Pembelajaran Online selanjutnya adalah ruangguru. Pengguna platform belajar online mungkin sudah tidak asing lagi.

Media belajar online ini menyediakan materi pelajaran mulai dari kelas 1 SD. Kabar baiknya, mulai senin 16 maret lalu ruangguru memberikan akses gratis bagi penggunanya.

Ruangguru bisa menjadi media belajar online di rumah. Selain memberikan akses gratis sebanyak 30 GB, ruangguru juga menyediakan materi yang lengkap di semua jenjang.

Sehingga dapat menjadi media yang direkomendasikan untuk belajar online, baik saat sekolah sedang diliburkan ataupun tidak.

Zenius

Media Pembelajaran Online yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah zenius. Media belajar ini juga dapat diakses gratis melalui layanan belajar mandiri gratis.

Anda bisa mengakses video materi zenius secara gratis dari berbagai jenjang pendidikan.

Kurikulum yang disediakan juga lengkap, seperti kurikulum KTSP, kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 revisi.

Dengan begitu, Anda bisa menemukan materi video yang sesuai. Materi video yang disediakan zenius juga memiliki format whiteboard.

Sehingga pengguna tidak perlu menghabiskan banyak kuota untuk belajar online. Tentu saja hal ini membuat belajar online menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Itulah Media Pembelajaran Online yang bisa dipilih oleh siswa maupun guru agar belajar di rumah menjadi lebih efektif. Dari beberapa media belajar online di atas manakah yang ingin Anda gunakan? (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -