Membuat Cairan Disinfektan Sendiri di Rumah

Cara Membuat Cairan Disinfektan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Membuat cairan disinfektan sendiri di rumah. Virus Corona atau Covid 19 sedang meresahkan dunia.

Berbagai hal dilakukan untuk mencegah virus tersebut menyebar. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar menggunakan sabun pembersih.

Termasuk membuat hand sanitizer dan membuat cairan disinfektan sendiri di rumah juga mulai diterapkan untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri berbahaya.

Pengertian Disinfektan

Disinfektan adalah cairan pembersih yang terbuat dari hydrogen peroksida dan zat lain yang bertujuan untuk membunuh kuman, virus serta bakteri berbahaya.

Disinfektan biasanya diberikan pada area-area tertentu yang sering disentuh banyak orang, misal, gagang pintu, tombol lift, keran wastafel, meja, kursi dan lain-lain.

Kandungan biosida yang tinggi membuat disinfektan ampuh mencegah timbulnya mikroorganisme pada permukaan benda mati akibat paparan infeksi bakteri dan virus berbahaya.

Cara Membuat Disinfektan Sendiri

Anda bisa membuat disinfektan sendiri dengan beberapa bahan yang ada pada salah satu produk pembersih rumah tangga.

Cairan pemutih yang mengandung natrium hipoklorit merupakan bahan dasar pembuatan disinfektan. Tapi cairan tersebut dapat merusak jaringan kulit. Campurkan dengan air secukupnya untuk membuat disinfektan.

Cara membuat cairan disinfektan sendiri untuk rumah Anda adalah dengan menyiapkan beberapa alat berikut ini:

  • Botol semprot plastik atau botol kaca
  • Kain flannel atau kain lembab
  • Sarung tangan karet
  • Masker

Langkah yang harus dilakukan setelah semua bahan dan alat yang dibutuhkan tersedia:

  1. Tuangkan cairan pemutih ke dalam botol kaca dengan penutup. Lakukan dengan hati-hati. Jangan lupa menggunakan masker dan sarung tangan sebagai perlindungan karena cairan pemutih bisa merusak jaringan kulit. Apabila dicampur bahan kimia lain, akan menghasilkan uap yang membahayakan tubuh.
  2. Campurkan dengan air bersih. Aduk kedua campuran tersebut secara merata. Lakukan secara perlahan agar kedua bahan tercampur dengan sempurna.
  3. Pindahkan cairan yang tercampur ke dalam botol plastik berukuran agak kecil untuk mempermudah membawa kemanapun. Kocok cairan tersebut sampai benar-benar tercampur ke dalam botol plastik.
  4. Cairan disinfektan siap digunakan. Anda sudah bisa mulai menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan permukaan meja, kursi dan gagang pintu rumah.

Cara Menggunakan Disinfektan

Setelah mengetahui cara membuat cairan disinfektan sendiri, Anda bisa mulai menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan bagian-bagian rumah yang perlu perlindungan dari virus dan bakteri.

Selalu gunakan masker dan sarung tangan sebelum mulai menggunakan disinfektan. Sebisa mungkin hindari kontak langsung cairan disinfektan dengan tangan dan wajah.

Apabila menjumpai permukaan yang sangat kotor, sebaiknya cuci dulu permukaan tersebut dengan sabun deterjen dan air.

Setelah dibilas sampai bersih, baru semprotkan cairan disinfektan. Tunggu sampai 5 menit kemudian gunakan kain lap untuk meratakan dan mengeringkan cairan disinfektan.

Setelah selesai, lepas masker dan sarung tangan kemudian buang dengan baik dan benar lalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Itulah cara membuat cairan disinfektan dan cara menggunakannya di rumah. Selalu jaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri dengan cairan disinfektan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...