Memilih Semangka Matang dan Manis, Begini Caranya!

Memilih Semangka Matang dan Manis, Begini Caranya!

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Memilih Semangka Matang dan Manis, Begini Caranya! Semangka adalah buah yang sangat banyak disukai oleh masyarakat. Terutama pada saat musim kemarau atau sebagai hidangan berbuka puasa.

Meskipun sering memakannya, tetapi ternyata tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memilih semangka yang matang. Mau tau caranya? Simak tips berikut ini.

Cara Memilih Semangka Matang

Lihat Spot Kuning

Semangka adalah tumbuhan rambat, sehingga buahnya pun merambat di tanah. Buah yang merambat di tanah memiliki spot/ bercak kuning.

Pada semangka yang dipanen lebih awal, bercak kuning ini tidak begitu lebar dan berwarna pucat. Sedangkan pada semangka yang lebih lama di tanah, spot itu lebih lebar dan berwarna kuning.

Lihatlah semangka-semangka yang dijual di pasar atau di supermarket atau minimarket, bandingkan corak-corak kuning yang ada pada semangka.

Cari yang warna spot kuning yang tidak pucat dan tidak terlalu kecil. Ingat kuncinya kuning pucat tidak direkomendasikan Semakin kuning tua, kuning pekat, maka semakin direkomendasikan.

Lihat Kulit yang Hijau Tua

Cara memilih semangka matang selanjutnya lihat warna kulitnya. Semangka yang sudah matang biasanya warna hijau tua dan kusam. Ini berarti bahwa buah itu sudah cukup tua saat dipetik.

Sebaliknya, pada semangka yang warnanya hijau muda dan biasanya lebih mengkilap, itu berarti ia dipetik belum cukup tua. Biasanya apabila dibuka bagian daging putihnya terlalu banyak dan tidak terlalu manis.

Saat memilih-milih semangka, perbandingkan antara semangka satu dengan semangka lainnya. Semangka yang hijaunya lebih atau paling tua dibandingkan lainnya lah yang dicari.

Ketuk-ketuk Semangka

Mengetuk semangka ini berfungsi untuk mengecek kepadatan daging buah. Semangka yang matang dengan baik dagingnya lebih padat. Sedangkan yang kurang begitu matang saat dipetik akan banyak rongga di dalamnya.

Ketuk-ketuklah permukaannya, saat mengetuknya dengarkan dan bandingkan suaranya. Semangka yang padat isinya, suaranya akan lebih berat. Sedangkan yang tidak begitu padat dagingnya, suaranya akan lebih nyaring.

Lihat Daging Buahnya

Kadangkala anda membeli semangka yang sudah terbuka sebagian. Daging buah ini juga dapat dicek untuk mendapatkan yang paling enak.

Lihat warnanya, jika terlihat merah, segar dan ranum, ini menandakan semangka itu matang sempurna. Sedangkan kebalikannya, yang tidak matang sempurna, warananya merah tetapi merah pucat.

Sedangkan apabila daging sudah terlihat tidak segar dan loyo, berarti dagingnya sudah tidak segar. Saat dimakan tidak terlalu renyah. Artinya buah itu sudah terlalu lama terbuka.

Coba sentuh permukaan dagingnya, apabila saat disentuh masih mengeluarkan air maka ia masih segar. Namun kalau dikentuk terasa lembek atau tidak mengeluarkan air, berarti sudah terlalu lama.

Cara memilih semangka matang tersebut, jika dipraktekan berulang-ulang, maka anda akan terlatih melakukannya. Sehingga semangka yang anda pilih dan dapatkan kondisinya baik. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...