Memori RAM HP Penuh, Bagaimana Cara Membersihkannya?

Memori RAM HP Penuh
Ilustrasi Memori RAM HP Penuh. Foto: Istimewa

Memori RAM HP penuh, hal tersebut seringkali dialami banyak orang. Meskipun saat ini memori RAM ponsel semakin besar, akan tetapi permasalahan keterbatasan memori selalu saja terjadi.

Saat ada peringatan memori RAM ponsel makin terbatas, kinerja dari ponsel tersebut biasanya akan lambat. Para pengguna biasanya akan merasa panik atas kejadian tersebut.

Sebelum kinerja smartphone semakin melambat dan muncul peringatan mengenai pengosongan memori, sebaiknya lakukan pembersihan terhadap sampah dari ponsel.

Cara Membersihkan Memori RAM HP Penuh

Memori yang terbatas akan membuat para pengguna smartphone terhambat dalam penambahan aplikasi atau menyimpan foto-toto yang baru.

Tentu saja bukanlah hal yang diharapkan bila ada pemberitahuan mengenai penyimpanan yang hampir habis.

Banyak orang yang memilih alternatif untuk memakai micro SD dalam hal ini. Namun, ada upaya yang dapat dihindari supaya RAM penuh dapat diatasi.

Hapus Cache dan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Banyak aplikasi Android yang tersimpan atau di cache agar mudah ditemukan saat akan dibuka. Selain itu, juga akan menghemat data seluler.

Cache aplikasi merupakan ruang yang harus diperhatikan supaya memori RAM HP penuh tidak terjadi. Jika anda menginginkan hapus data yang di chace dari satu aplikasi, caranya cukup mudah.

Pertama buka Pengaturan, kemudian Aplikasi, Manajer Aplikasi dan klik aplikasi yang ingin dihapus. Klik menu aplikasi tersebut, lalu Penyimpanan dan Hapus Cache untuk menghapus cache aplikasi yang dimaksud.

Sementara jika ingin menghapus semua aplikasi yang di cache, caranya dengan buka Pengaturan, kemudian Penyimpanan dan klik cache semua aplikasi yang ada di smartphone anda.

TCL

Anda harus mengetahui kapasitas memori RAM HP yang sudah digunakan dan yang tersisa. Caranya dengan klik Android Setting, kemudian Memory.

Jumlah memory akan ditunjukkan dengan klik Memory used by apps. Aplikasi yang dirasa boros memori dapat dihapus dengan cara klik Sort by max use pada tiga tombol kanan atas.

Aplikasi dapat dipaksa untuk diberhentikan beroperasi agar memori RAM HP penuh bisa dibebaskan.

Hapus File Download

Semua file yang telah diunduh biasanya akan disimpan oleh Android, namun secara keseluruhan belum tentu digunakan.

Bila file yang telah diunduh terlalu banyak dan ada yang tidak dipakai, maka kinerja ponsel akan terganggu termasuk pada RAMnya.

Hapus file unduhan tidak dipakai dengan cara akses My File dan pilih file yang akan dihapus. File tersebut tidak dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari dan akan membuat memori RAM penuh.

Gunakan Micro SD

Smartphone biasanya dapat menggunakan micro SD untuk penyimpanan yang lebih luas. Aplikasi yang berat dapat anda pindahkan ke micro SD guna atasi memori RAM HP penuh.

Jika akan melakukan pemindahan file atau aplikasi, caranya dengan membuka Aplikasi dan Manajer Aplikasi. Ketuk aplikasi yang akan anda pindahkan, klik pada tombol Pindahkan ke kartu SD.

Siasati Foto

Foto-foto yang ada di ponsel dapat disiasati supaya kapasitas RAM yang penuh dapat dihindari. Anda dapat mengompres ukuran foto sehingga akan berubah menjadi kecil. Banyak aplikasi kompresi foto yang bisa anda dapatkan di toko aplikasi.

Foto juga bisa dipindahkan ke cloud seperti Google Photo ataupun iCloud. Semua ruang pada penyimpanan cloud tersedia secara gratis. Pengguna tinggal mengaktifkan fitur Cadangkan dan Sinkronisasi Google Photos.

Untuk dapat mengaktifkannya, buka aplikasi Google Photos. Kemudian buka Pengaturan, selanjutnya klik Cadangkan & Sinkronkan. Langkah terakhir dalam membersihkan memori RAM HP penuh, yakni dengan langsung menyalakannya.

Semua foto dan video yang telah dicadangkan dapat anda hapus pada penyimpanan perangkat. Cara menghapusnya klik Pengaturan, lalu Kosongkan Penyimpanan Perangkat.

Factory Reset

Anda dapat melakukan factory reset bila ingin membebaskan RAM penuh. Namun, hal ini dapat menghilangkan seluruh data dan aplikasi yang telah diunduh sebelumnya.

Factory reset akan mengembalikan ponsel ke pengaturan awal seperti baru keluar dari pabrik. Cara melakukan reset, pilih Setting, kemudian Backup & Reset. Selanjutnya klik Factory Data Reset.

Penggunaan Live Wallpaper memang menyenangkan, namun hal tersebut dapat memakan RAM pada ponsel. Sehingga ponsel akan lambat. Anda dapat menggunakan wallpaper dan widget sederhana agar memori RAM HP penuh dapat dicegah. (R10/HR-Online)

Loading...