Menangkal Virus Corona dengan Berjemur di Bawah Matahari

Menangkal Virus Corona Dengan Berjemur Dibawah Matahari
Mencegah virus corona agar tidak menyerang tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berjemur dibawah sinar matahari. Foto:Ist/Net

Menangkal virus corona agar tidak menyerang tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain asupan makanan-makanan bergizi yang bisa meningkatkan imunitas, berjemur dibawah sinar matahari dipercaya bisa menangkal virus corona atau covid-19 pada tubuh.

Virus corona saat ini kian masif penyebarannya, tak hanya di luar negeri tapi di Indonesia. Pemerintah Indonesia memberlakukan lockdown dan mengimbau masyarakat tak bepergian keluar rumah, untuk menekan penyebaran Covid19.

Pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga daerah, mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah dan menjauhi kerumunan orang. Untuk menangkal virus corona,Presiden Jokowi juga menganjurkan masyarakat berjemur dibawah sinar matahari pagi. Aktivitas berjemur bisa dilakukan di depan atau pekarangan rumah.

Diketahui semua virus dan bakteri tidak akan kuat jika terkena sinar ultraviolet dari matahari dengan suhu 50 derajat celsius. Meski sinar matahari tidak bisa langsung membunuh virus, bakteri,  ataupun jamur, namun sinar matahari akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sehingga dengan sering berjemur dibawah sinar matahari, tubuh akan mampu menangkal berbagai serangan virus jenis apapun, termasuk menangkal virus corona.

Sinar matahari dipercaya mampu merangsang produksi vitamin D dalam tubuh sehingga bisa menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat Lain Berjemur Dibawah Matahari, Selain Menangkal Virus Corona

Selain menangkal virus corona yang saat ini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, berjemur di bawah sinar matahari juga banyak manfaatnya lho! Lalu apa saja manfaat berjemur dibawah sinar matahari?

1. Menekan Risiko Kanker

Manfaat berjemur pagi hari ternyata bisa menekan resiko terkena kanker. Dengan anda rutin berjemur dibawah sinar matahari pagi, anda bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit kanker, seperti, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker getah bening dan lainnya.

Untuk meminimalisir efek samping dari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV), anda disarankan berjemur dibawah pukul 10.00 pagi. Berjemurlah selama 5-15 menit, lakukan 2-3 kali seminggu. Jadi selain menangkal virus corona, berjemur dibawah sinar matahari juga bisa mencegah kanker.

2. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Berjemur pagi hari juga mampu merangsang produksi vitamin D pada tubuh. Vitamin D ini sangat penting dan diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfor di usus, yang pada akhirnya mampu memperkuat tulang, gigi, dan otot.

Selain mampu menangkal virus corona, berjemur dibawah sinar matahari juga ampuh mencegah beragam penyakit berat lainnya seperti, osteoporosis, hipertensi, diabetes, dan lainnya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat terpapar sinar matahari, tubuh kita akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berguna untuk perlindungan tubuh. Sel darah putih ini berperan untuk melawan berbagai penyebab infeksi pada tubuh.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Selain ampuh menangkal virus corona, manfaat berjemur pagi hari juga bisa membuat tidur anda lebih berkualitas. Paparan sinar matahari pagi ternyata mampi memproduksi hormon melatonin pada tubuh. Melatonin merupakan hormon yang berfungsi mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin dalam darah rendah, maka siklus tidur Anda menjadi terganggu. Cobalah berjemur di pagi hari, dan rasakan manfaat tidur anda menjadi pulas.

5. Mencegah Depresi

Paparan sinar matahari di pagi hari bisa mencegah Anda dari depresi. Jika tubuh sering terkena paparan sinar matahari pagi, kadar hormon serotonin di dalam tubuh akan meningkat, sehingga anda tidak mudah mengalami depresi.

6. Mengatasi Penyakit Kulit

Selain bisa menangkal virus corona, berjemur pagi hari ternyata mampu mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim juga jerawat. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai terapi sinar matahari ini.

7. Tingkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat berjemur pagi hari dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dengan melebarkan pembuluh darah di kulit.

8.  Detoksifikasi Tubuh

Terpapar sinar matahari dengan waktu yang tepat, selain bisa menangkal virus corona, juga bisa menetralkan racun-racun pada tubuh. Sering terkena paparan sinar matahari juga yang mempu meningkatkan sirkulasi darah, akan membuat racun-racun dalam tubuh tereliminasi.

10.  Perbaiki Sistem Pencernaan

Khasiat berjemur di pagi hari yang terakhir yakni mampu memperbaiki sistem pencernaan dan memperkuat sistem metabolisme pada tubuh. Berjemur di bawaah sinar matahari dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan.

Nah itulah beberapa manfaat berjemur dibawah sinar matahari. Selain mampu menangkal virus corona masuk dalam tubuh, berjemur dibawah sinar matahari juga banyak manfaat lainya yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, para ahli mengingatkan agar tidak terlalu berlebihan. Karena terlalu sering terkena paparan matahari apalagi di waktu yang kurang tepat, bisa menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...