Mencegah Penularan Hepatitis A, Begini Caranya!

Mencegah Penularan Hepatitis A

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Mencegah Penularan Hepatitis A, Begini Caranya! Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang cukup tinggi resikonya setelah kanker.

Terdapat lima jenis penyakit hepatitis, yaitu A, B, C, D dan E, dimana masing-masing penyakit tersebut memilki jalur penularannya sendiri.

Penularan hepatitis A ini dapat melalui makanan, air, serta perilaku hidup yang kurang bersih. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut ini ulasan mengenai beberapa cara mencegah penularan hepatitis A;

Membiasakan Mencuci Tangan

Membiasakan anggota keluarga Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, dari kamar mandi serta saat mengolah makanan, sangatlah baik untuk mencegah terjadinya hepatitis.

Terutama penyakit hepatitis A ini sangat gampang menular melalui kotoran makanan dan minuman yang dikonsumsi. Oleh karean itu, hal tersebut perlu Anda terapkan agar resiko penyakit hepatitis semakin rendah.

Melakukan Vaksinasi

Cara mencegah penularan hepatitis A selanjutnya yaitu dengan melalukan vaksinasi selama enam bulan berturut-turut sebanyak dua kali saja. Hal tersebut meruapkan cara pencegahan yang sangat efektif dan paling tepat.

Sebab dengan melakukan vaksinasi maka tubuh akan tetap terjaga dari cairan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh akan aman tanpa harus takut terhadap pertumbuhan sel-sel baru.

Berhati-hati dalam Penggunaan Jarum

Penggunaan jarum atau peralatan medis lainnya, sangat perlu Anda waspadai. Sebab alat-alat hal tersebut bisa memicu terjadinya penularan penyakit hepatitis.

Seperti halnya penggunaan jarum untuk pembuatan tato secara bergantian dengan orang lain. Penggunaan jarum untuk jenis obat-obatan yang berbeda. Dan sampai penggunaan jarum untuk obat-obatan terlarang.

Melakukan HubunganSecara Aman

Penyakit hepatitis A ini juga dapat menular melalui “hubungan” suami istri. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui terlebih dahulu riwayat penyakit yang diderita pasangan sebelum “berhubungan”.

Jika memang pasangan Anda atau keluarga memiliki riwayat penyakit hepatitis, sebaiknya hindari untuk melakukannya sampai benar-benar penyakitnya sembuh.

Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Menjaga kebersihan itu sangat penting, seperti halnya selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah makan. Namun, selain mencuci tangan, hal yang perlu diperhatikan juga saat Anda sedang memilih dan mengkonsumsi makanan dan minuman.

Alangkah baiknya jika Anda lebih memilih makanan matang daripada makanan mentah. Sebab makanan mentah dapat beresiko tinggi terhadap penularan penyakit hepatitis.

Demikian bagaimaan cara mencegah penularan hepatitis A yang perlu Anda waspadai, agar tubuh Anda selalu sehat dan terhindar dari penyakit hepatitis A tersebut. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...