Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Insomnia, Begini Langkahnya!

Mengatasi Insomnia, Begini Langkahnya!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Mengatasi insomnia, begini langkahnya! Insomnia merupakan gangguan tidur yang disebabkan kesulitan tidur.

Insomnia ditandai dengan sulitnya tidur pada malam hari. Penyebab insomnia yang paling sering adalah kebiasaan tidur yang buruk, cemas hingga stress.

Tidak jarang, untuk mengatasi insomnia penderitanya mengkonsumsi obat tidur yang telah diresepkan dokter.

Meskipun cukup ampuh, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, biasanya obat ini mempengaruhi sistem tubuh mengingat kandungan kimia di dalamnya.

Sebenarnya, hal ini tidak perlu Anda rasakan, Anda ikuti saja langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi insomnia tanpa menggunakan obat tidur.

Gunakan Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

Cara menghilangkan gejala-gejala insomnia adalah dengan menjaga pikiran tentang fungsi tempat utama tidur.

Jika terbiasa melakukan berbagai hal di atas tempat tidur, biasanya tubuh mengembangkan kebiasaan yang mengarah pada insomnia tersebut.

Jadi hindari main ponsel di tempat tidur dan aktifitas lainnya. Jadi jangan multifungsikan tempat tidur, entah untuk membaca buku atau sebagainya.

Jika tidak bisa tidur atau bangun di tengah malam, Anda bisa mengajarkan diri Anda bahwa tempat tidur hanya digunakan untuk tidur dan bangun saja.

Pergi Tidur Ketika Lelah

Berbaring di atas kasur saat sudah benar-benar lelah adalah cara terbaik untuk mengatasi insomnia yang Anda derita.

Kondisi fisik yang lelah membuat tubuh cepat terlelap. Pastikan saat tidur, Anda tidak boleh membawa barang-barang ke kasur.

Karena jika Anda terbangun tengah malam, tinggalkan ruangan dan lakukan aktivitas. Setelah itu, tidur kembali jika sudah benar-benar lelah.

Ini merupakan cara mengatasi insomnia terbaik. Pasalnya langsung mengubah kebiasaan bawah sadar tanpa paksaan.

Mungkin butuh waktu karena tidak bisa langsung sukses di awal percobaan.

Terapkan Tidur Secara Teratur

Langkah selanjutnya agar bisa tidur dengan lelap adalah menerapkan tidur dengan teratur. Pergi tidur dan juga bangun tidur secara teratur akan membuat tubuh terbiasa untuk tidur dengan nyenyak.

Cara seperti ini sering dijadikan terapi sederhana oleh dokter jika mendapatkan pasien yang mengeluh mengalami gejala insomnia.

Anda bisa memilih jam ketika merasa benar-benar lelah dan juga mengantuk setiap malamnya. Biasanya rata-rata jam terbaik untuk tidur orang dewasa adalah jam 11 malam atau jam 10 malam jika benar-benar bisa.

Namun jika memungkinkan ada baiknya memilih jam sebelum itu. Contohnya jam 8 atau 9 malam.

Tidur adalah aktivitas penting bagi manusia. Dengan tidur tubuh bisa mengembalikan dan memperbaiki sel yang rusak dan menjadikan tubuh menjadi lebih pulih dan sehat.

Bukan hanya itu saja, kurang tidur menyebabkan konsentrasi menjadi lebih menurun dan fungsi tubuh tidak maksimal.

Tidak heran jika banyak orang yang insomnia ingin tidur secara normal. Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengatasi insomnia tersebut. Beberapa langkah tersebut merupakan rekomendasi dari dokter. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -