Mengatasi Rayap Pada Kayu dengan Mudah

Mengatasi Rayap Pada Kayu
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Mengatasi rayap pada kayu memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengatasi rayap selain pekerjaan yang jenuh dan menjengkelkan, juga membuat para pemilik rumah kewalahan.

Seringkali, rayap menguasai perabotan rumah untuk dijadikan sarangnya secara berkelompok. Hal itulah yang membuat kehadiran rayap menjadi momok yang menyebalkan.

Rayap merupakan hewan yang sejenis dengan serangga. Ia sangat hobi sekali dengan bahan- bahan kayu sebagai makanannya.

Mereka bekerja secara koloni, membangun solidaritasnya dan memiliki tugas masing-masing yang berbeda.

Tujuan dari rayap itu bekerja adalah untuk mempersiapkan tempat berkembang biak si ratu rayap agar berjalan mulus.

Potensi telur yang dihasilkan oleh si ratu rayap, bisa mengeluarkan sekitar 30 ribu telur dalam setiap harinya.

Ibarat manusia yang membutuhkan makan, rayap tak pernah usai untuk terus merusak barang-barang rumah yang berbahan kayu, sehingga membuat kayu keropos dan mudah rusak.

Cara Mengatasi Rayap Pada Kayu

Jika belum tahu bagaimana caranya membasmi rayap, simaklah kiat-kiat membasmi rayap sebagai berikut:

1. Menjemur Buku

Buku merupakan kertas yang terbuat dari bahan kayu. Biasanya rayap sering menyerang berbagai dokumen penting yang berada di rumah. Apalagi jika kamu tidak bisa merawatnya dengan baik, tentu buku-bukumu akan habis dimakan rayap.

Salah satu cara mengatasi rayap pada kayu, atau disini contohnya buku yang bahan asalnya adalah kayu, yaitu dengan cara menjemur buku di bawah terik matahari.

Hal tersebut dilakukan bertujuan agar buku-buku tidak terkena lembab, dan rayap sangat anti sekali dengan cuaca panas dan kering.

2. Menjebak dengan Kardus

Sebelum kamu membuat jebakan dengan perantara kardus, hal utama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengetahui keberadaan rayap.

Jika sudah mengetahui keberadaannya, cobalah mulai dengan membuat jebakan kardus, dengan cara membasahi kardus dan menyimpannya didekat tempat rayap.

Tidak lama kemudian, rayap yang semula menyerang kayu, akan berpindah pada kardus basah, karena rayap sangat senang dengan situasi lembab.

3. Menurunkan Suhu Ruangan

Cara yang sangat sederhana untuk mengatasi rayap pada kayu adalah dengan cara menurunkan suhu ruangan.

Hal tersebut akan berpengaruh sekali untuk membasmi rayap, karena selain benci sekali dengan cuaca panas, segerombolan rayap juga sangat benci pada suhu dingin.

4. Membasmi dengan Cacing Nematoda

Sepertinya masih asing di telinga jika mendengar cacing nematoda. Cacing tersebut merupakan cacing parasit yang sering berada di perkebunan. Sisi kemanfaatan cacing nematoda adalah mampu membasmi gerombolan rayap yang menyerang barang kita.

Mengatasi rayap pada kayu, jika dengan bantuan cacing nematoda, seluruh gerombolan rayap dan telur-telurnya akan habis tak tersisa.

5. Membasmi dengan Asam Borat

Cara mengatasi rayap pada kayu yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bahan kimia Asam Borat.

Asam borat terbukti ampuh dapat mengatasi rayap pada kayu. Caranya cukup sederhana, hanya dengan menyemprotkan asam borat pada bagian yang ditempati oleh rayap.

6. Membasmi dengan Air Sabun

Cara mengatasi rayap pada kayu, yang selanjutnya yaitu menggunakan zat kimi air sabun. Zat kimia ini tentu sangat mudah didapatkan dan banyak dijual di warung-warung.

Air sabun mampu membunuh rayap, dengan menganggu sistem pernapasannya dan cepat mati. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan sabun pada barang-barang kayu yang digunakan oleh rayap.

Demikianlah sebagian dari cara-cara mengatasi rayap pada kayu. Jadi, jika barang-barang perabotanmu yang terbuat dari kayu mulai dicurigai diserang rayap, segeralah bergegas dan basmi hewan menjengkelkan itu, sebelum barang-barangmu cepat rusak karena dimakan rayap. (Muhafid/R6/HR-Online)