Mengatasi Stress di Tengah Pandemi Corona

Mengatasi Stress di Tengah Pandemi Corona

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Mengatasi stress di tengah pandemi corona. Wabah corona memang sedang menyerang dunia.

Virus yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok, China  ini telah merasahkan warga sejak akhir tahun 2019.

Beberapa Negara bahkan sudah mulai menjalankan sistem lockdown dimana semua masyarakat tidak boleh pergi ke luar rumah.

Buat Anda yang bosan dan stress gara-gara kondisi ini, berikut tips bagaimana menghindari stress selama pandemic corona.

Cara Mengatasi Stress

Mencari Hiburan

Berada di dalam rumah untuk waktu yang cukup lama memang terkadang membosankan. Apalagi ketika Anda terbiasa dengan segala rutinitas yang padat, tiba-tiba harus berdiam diri di rumah.

Untuk mengisi waktu luang selama menjalani karantina mandiri, Anda bisa mendengarkan lagu kesayangan, menonton film yang belum sempat ditonton, membaca buku, atau mencoba belajar memasak.

Anda bisa mencoba beberapa resep masakan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Selain semakin mahir memasak, waktu luang Anda terasa lebih bermanfaat bukan?

Jaga Kesehatan

Cara mengatasi stress selanjutnya adalah dengan tetap menjaga kesehatan. Meski hanya berdiam diri di rumah, kesehatan tetap harus dijaga.

Rutin melakukan olahraga setiap hari, mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air putih, serta mengonsumsi suplemen vitamin penambah daya tahan tubuh.

Selalu menjaga kebersihan terutama pada diri sendiri dan istirahat yang cukup agar tidak mudah terserang penyakit seperti corona.

Anda bisa membiasakan menjaga kesehatan dengan cuci tangan. Diketahui penyebaran utama virus corona dan virus lainnya berawal dari telapak tangan yang kotor dan mengandung virus.

Bijak dengan Segala Informasi

Cara mengatasi stress berikutnya yakni tetap bijak dengan segala informasi yang datang. Di saat kondisi sedang genting dan kacau seperti saat ini, banyak pihak tidak bertanggung jawab yang sengaja memanfaatkan keadaan demi kepentingan pribadi.

Seperti halnya berita Hoaks yang banyak tersebar membuat masyarakat justru panik dan tidak bisa berfikir secara logika.

Alangkah baiknya memastikan berita yang muncul sebelum menyebarluaskan.

Selain berita hoaks, banyak pihak memanfaatkan penjualan masker dan hand sanitizer yang melonjak drastis di tengah rumitnya penanganan penyebaran virus corona.

Sebaiknya bijak dalam memeriksa suatu informasi yang belum jelas kebenarannya, bukan malah mengambil keuntungan demi kepentingan pribadi dan mengorbankan perasaan masyarakat.

Mendekatkan Diri pada Tuhan

Virus corona yang tengah menyerang merupakan ujian tersendiri dari Tuhan Sang pencipta alam. Selalu mengingat akan kebesaran dan kekuasaan-Nya atas segala sesuatu di muka bumi.

Perdalam ibadah dan tidak melakukan hal-hal yang akan merugikan. Ini bisa membantu mengatasi stress selama menjalani karantina mandiri dengan mendekatkan diri pada Tuhan.

Gunakan Waktu Bersama Keluarga

Sebelumnya, hari-hari hari Anda lebih banyak dihabiskan waktu untuk bekerja dan bertemu klien. Tapi sekarang, saatnya untuk mengembalikan waktu yang hilang untuk keluarga.

Berkumpul, bersantai dan menceritakan banyak hal pada keluarga Anda bisa digunakan untuk mengisi waktu luang selama masa karantina mandiri.

Itulah tips mengatasi stress yang bisa Anda terapkan di tengah pandemi virus corona yang sudah semakin meluas. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan Anda dimanapun berada. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...