Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruMengecek Kualitas Smartphone Bekas

Mengecek Kualitas Smartphone Bekas

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Cara mengecek kualitas smartphone bekas ketika membeli smartphone. Membeli smartphone bekas memang menjadi pilihan banyak orang, terlebih jika menginginkan harga yang lebih murah.

Namun untuk mendapatkan smartphone yang murah bukan perkara mudah. Pasalnya banyak perangkat bekas yang hadir dengan beragam resiko.

Tak jarang banyak penjual smartphone bekas yang melakukan permak pada perangkat dengan sempurna, sehingga kelemahan smartphone tersebut tidak terlihat.

Nah, sebelum Anda membelinya, berikut langkah-langkah agar tidak tertipu membeli smartphone bekas yang gampang rusak.

Mengecek Kualitas Smartphone Bekas

Siapkan Alat pengecekan

Cara mengecek kualitas smartphone bekas yang pertama yaitu Anda harus melakukan dengan  menyiapkan alat atau barang-barang untuk mengecek kualitas smartphone tersebut.

Alat-alat yang perlu Anda persiapkan tersebut diantaranya yaitu Powerbank, Kartu microSD, Headphone,  Kartu SIM aktif dan juga Earphone.

Cek Fungsi Smartphone

Setelah Anda menyiapkan alat untuk mengecek kualitas smartphone bekas, caranya yaitu dengan menghidupkan smartphone.

Sebelum Anda menghidupkan smartphone, pasang terlebih dahulu kartu SIM dan microSD. Pada saat proses booting tersebut, amati apakah berjalan normal atau lemot.

Nah, jika kartu SIM dan microSD smartphone dapat terbaca dengan sempurna, cobalah untuk mengirim SMS untuk koneksi internet maupun untuk telepon.

Anda juga perlu mengecek colokan earphone yang tersedia dengan mencoba mendengarkan lagu.

Jangan lupa juga untuk mengecek port charger dengan powerbank yang Anda bawa. Dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa ponsel masih berfungsi normal.

Amati Detail Eksterior dan Port

Jika Anda akan membeli smartphone bekas, maka perlu mengecek bagian luar, terutama layar sebelum smartphone tersebut Anda nyalakan.

Anda perlu jeli mengamati apakah pada samrtphone tersebut terdapat goresan pada layarnya atau tidak. Amati pula lensa kamera menggunakan senter jika Anda membawanya agar mudah terlihat.

Jangan lupa juga untuk mengecek tombol yang terdapat pada smarphone, apakah masih normal atau tidak. Untuk mengeceknya silahkan raba permukaan smartphone.

Perhatikan juga pada bagian casing sebelum membeli smartphone bekas. Untuk meyakinkan Anda saat membeli smartphone, maka Anda juga perlu cek slot microSD dan SIM, sambil melihat apakah ada cacat.

Pastikan bawa slot kartu SIM atau microSD pada kondisi normal, tidak bengkok atau mempunyai noda bekas air.

Uji Performa Secara Manual

Sebelum Anda membeli smartphone bekas, jangan lupa juga untuk mengaktifkan semua aplikasi yang tersedia.

Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk mengetahui apakah memang performa smartphone benar-benar baik atau tidak.

Jika kualitas smartphone tersebut buruk, maka ditandai dengan performa layar yang buruk atau tidak responsif.

Jadi, ketika Anda membelinya, bisa juga meminta kortingan harga pada penjual. Untuk melihat info orisinilitas smartphone bisa tekan tombol *#*#4636#*#*.

Itulah cara bagaimana mengecek kualitas smartphone bekas. Semoga bermanfaat! (Deni/R4/HR-Online)  

- Advertisment -