Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruMengendarai Motor di Musim Hujan Biar Tetap Aman

Mengendarai Motor di Musim Hujan Biar Tetap Aman

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Mengendarai motor di musim hujan biar tetap aman. Saat ini Indonesia berada di musim penghujan. Bagi sebagian orang, musim penghujan memberi berkah tersendiri.

Namun bagi beberapa orang, musim penghujan menjadi momok yang perlu dihindari. Di musim hujan, ada beberapa tips bagaimana mengendarai motor yang perlu diketahui, khususnya saat berada di jalanan licin supaya lebih aman.

Cara Mengendarai Motor di Musim Hujan

Usahakan Menggunakan Jasa Hujan Mode Single

Memakai jas hujan mode single menjadi kelebihan tersendiri bagi pengguna. Pasalnya lebih fleksibel dan tidak berbahaya untuk pengguna.

Banyak kasus pengguna yang menggunakan jas hujan tandem, ternyata mengalami kesulitan. Khususnya ketika berada di jalanan yang licin.

Selain itu, menggunakan jas hujan single juga lebih aman karena tidak ada bagian yang terlalu lebar ketika berkendara.

Jangan Asal Rem Ketika Hujan

Kondisi hujan tentu membuat jalanan menjadi basah. Perlu diketahui bahwa jalanan yang basah membuat kondisi jalan tambah licin.

Dengan begitu, teknik pengereman yang Anda lakukan saat mengendarai motor juga harus lebih akurat dan bagus ketika musim hujan.

Terlebih jika berkendara di jalanan licin. Tentu tidak bisa sembarang mengendarai motor. Jangan menekan rem mendadak karena menyebabkan selip dan akhirnya Anda akan terjatuh.

Jangan Lupa Menyalakan Lampu

Tips mengendarai motor di musim hujan berikutnya adalah jangan lupa untuk menyalakan lampu motor.

Peraturan Pemerintah sekarang memang mengharuskan pengendara untuk menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu pula ketika musim hujan, terlebih di hari yang hujannya sangat lebat.

Sudah seharusnya Anda menyalakan lampu agar kendaraan yang Anda kendarai dilihat oleh pengendara lain.

Tingkatkan Kewaspadan Ketika Berkendara

Saat musim hujan, kemungkinan besar jalan yang rusak atau berlubang tidak akan terlihat, biasanya karena tertutupi oleh genangan air.

Jika demikian, pengendara perlu lebih waspada saat berkendara. Terlebih jika melewati jalanan licin, tentu akan sangat beresiko.

Usahakan jangan mengobrol atau main handphone karena semua itu sangat beresiko ketika mengendarai motor.

Jangan Dekat-Dekat dengan Pengendara Lain

Ketika berada di jalanan licin, terlebih musim hujan, ada baiknya menjaga jarak dengan pengendara lain.

Maksudnya, jangan terlalu dekat-dekat karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan pengendara di depan kita.

Dengan menjaga jarak, jika nanti pengendara lain mengerem secara mendadak atau sebagainya, Anda tidak akan terlalu kaget dan akhirnya bisa mengantisipasinya lebih dulu.

Itulah tips mengendarai motor di musim hujan, khususnya ketika berkendara di jalanan yang licin. Meskipun musim hujan, aktifitas tetap harus jalan terus. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -