Menghindari Sambaran Petir di Musim Hujan

Menghindari Sambaran Petir

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Menghindari Sambaran Petir di Musim Hujan. Saat musim penghujan, seringkali hujan turun disertai dengan sambaran kilat putih atau petir dan angin kencang.

Petir merupakan fenomena alam yang berbahaya bagi manusia. Bagaimana tidak, saat sambaran petir terjadi pohon atau benda apapun dapat terbakar hangus dan hancur.

Cara Menghindari Sambaran Petir

Menjauh dari Tempat Terbuka

Cara menghindari yang pertama adalah ketika terjadi hujan lebat, mendung yang menggulung hitam, dan angin yang semakin kencang, harusnya kita waspada dengan adanya petir.

Caranya dengan melihat sekeliling, bila berada di tempat yang terbuka, maka jauhilah. Karena petir akan melepaskan energinya pada penghantar di tanah. Maka dari itu, anda harus menjauhi area terbuka.

Menjauhi Kolam Renang

Cara menghindari sambaran petir yang selanjutnya adalah menjauhi kolam renang. Kolam renang bisa menghantarkan energy listrik yang berasal dari petir.

Karena petir memiliki energi yang dapat merambat pada zat cair atau air. Maka dari itu. jauhi area yang memiliki kapasitas air seperti kolam renang.

Jangan Berlindung di Bawah Pohon

Cara menghindari sambaran petir selanjutnya adalah hindari berlindung di bawah pohon karena.

Alasannya karena pohon juga merupakan penghantar energi petir yang dapat merambatkan kilatannya ke semua ranting dan yang berada di sekitar pohon.

Mencari Ruangan Tertutup

Solusi yang tepat bila ingin menghindari sambaran petir adalah pergi ke tempat atau ruangan tertutup seperti rumah, gedung, atau bisa juga masuk ke dalam mobil untuk berlindung.

Petir tidak akan menyambar saat Anda berada di tempat yang memiliki kapasitas ruangan tertutup alias tidak terbuka.

Mengatur Jarak Berteduh dan Menghindari Tiang Listrik

Saat berteduh usahakan anda mengatur jarak dari tempat terbuka langit-langitnya sekitar 3-5 meter untuk berjaga-jaga.

Pantangan yang wajib diketahui saat terjadinya hujan dan petir yaitu hindarilah tempat di sekitar tiang listrik. Karena petir sifatnya dapat menyambar benda yang sifatnya tinggi. Dan tiang listrik memiliki kabel dan arus listrik yang terkadang dapat membuat konsleting.

Berhenti Mengendarai Motor

Karena beberapa orang banyak yang acuh terhadap pandangan ini, untuk berjaga-jaga saat di situasi terbuka, sebaiknya berhentilah saat mengendarai motor.

Saran untuk Anda agar tetap aman, sebaiknya berhenti dan setelah itu mencari tempat untuk berteduh yang aman dan jauh dari tempat yang memungkinkan untuk mengindari sambaran petir. (Deni/R4/HR-Online)