Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak, Begini Caranya!

Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Berita Parenting, (harapanrakyat.com).- Meningkatkan kepercayaan diri Anak, Begini Caranya! Tidak hanya orang dewasa yang perlu merasa percaya diri dalam beraktifitas, begitu juga anak-anak.

Untuk bisa berteman dengan banyak orang, supaya bisa bersemangat sekolah, dan menjalani berbagai kegiatan, kepercayaan diri pada anak perlu ditingkatkan.

Memang tidak mudah, tapi dengan usaha dan ketekunan pasti bisa dilakukan. Berikut ini cara meningkatkan kepercayaan diri anak yang bisa Anda coba.

Ucapakan Kalimat-kalimat Penyemangat

Saat mengantar anak menuju sekolah atau ketika si kecil akan melakukan lomba, sebisa mungkin sampaikan kalimat-kalimat yang membuatnya merasa bersemangat.

Tidak perlu dengan kata-kata yang berat, tapi bisa dicoba dengan kalimat sederhana seperti “Apapun hasilnya, kamu sudah mencoba yang terbaik!” sambil memberikan pelukan hangat atau tepukan di pundak.

Jadi Suporter Terbaik

Cara meningkatkan kepercayaan diri anak selanjutnya adalah dengan menjadi suporter terbaik. Supaya anak merasa diperhatikan dan tidak berkecil hati, membuktikan bahwa Anda adalah suporter terbaiknya.

Selain dengan kalimat-kalimat penyemangat, selalu hadir dalam berbagai agenda besar maupun saat ia mengalami hari melelahkan akan memberikan pengaruh besar.

Coba dengan makanan atau minuman kesukaannya dan temani si kecil.

Dukung Apapun yang Menjadi Kesukaannya

Cara meningkatkan kepercayaan diri anak berikutnya adalah dengan mendukung kesukaannya.

Setiap anak berbeda-beda. Ada yang memiliki kepandaian pada bidang akademik seperti matematika atau bahasa inggris, ada yang justru lebih menyukai gambar atau alat musik, dan masih banyak lagi kepintaran anak-anak.

Nah, sebagai orang dewasa, Anda perlu mendukung apa yang menjadi minat dan bakatnya. Jangan memaksakan apa yang tidak menjadi minatnya hanya demi kepentingan Anda sendiri.

Namun, jika si kecil belum tampak memiliki minatnya, maka bantulah dia menemukan keinginannya.

Bisa dimulai dengan mendaftarkan les seperti berenang, musik, atau yang lainnya. Namun, tetap sesuai dengan apa kemauannya. Jangan sampai les justru menjadi bebannya.

Jangan Sering Memanjakannya

Cara meningkatkan kepercayaan diri anak yang terpenting adalah jangan terlalu sering memanjakan atau menolongnya dalam melakukan aktivitas.

Biarkan ia mencoba dan mencari tahu sendiri bagaimana dan apa yang mesti dilakukan. Dengan begitu, anak akan belajar mandiri dan percaya dengan dirinya sendiri.

Di awal, ia mungkin akan melakukan kesalahan dan yang perlu Anda lakukan adalah bersabar.

Hindari Membanding-bandikan Anak Anda dengan Anak Lainnya

Sering kali, beberapa orang tua merasa perlu perlu memancing semangat anak dengan cara menceritakan kemampuan anak lainnya. Hal ini diharapkan menjadi acuan, padahal cara ini tidak lagi disarankan.

Membandingkan anak Anda dengan anak lain yang kemampuannya di atas atau di bawah justru akan membuatnya merasa tidak nyaman dan timbul rasa iri yang tidak sehat.

Sebernarnya, cara meningkatkan kepercayaan diri anak yang paling mendasar tapi juga terpenting adalah dengan tidak membebaninya dengan kata-kata ‘menjadi terbaik’.

Namun, gantikan dengan penjelasan untuk berusaha semampunya dan menerima apapun yang menjadi pilihan. Dengan begitu, percaya dirinya akan tumbuh seiring berjalannya waktu. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...