Merancang Denah Rumah Mewah nan Apik yang Patut Dicoba!

denah rumah mewah
Ilustrasi denah rumah mewah. Foto: Istimewa

Pada dasarnya merencanakan denah rumah mewah bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menciptakan denah rumah berdesain mewah yang tak hanya apik namun juga nyaman dan fungsional.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat denah rumah sendiri. Ada banyak inspirasi yang bisa diikuti untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah mewah agar tidak lagi menjadi impian semata.

Memiliki rumah memang merupakan impian semua orang. Bahkan tak sedikit yang ingin mempunyai rumah mewah dengan beragam fasilitas dan interiornya. Anda juga bisa mewujudkannya sendiri sesuai yang Anda harapkan.

Ide Denah Rumah Mewah untuk Pemula

Saat ini ada banyak sumber inspirasi dalam merencanakan atau membuat desain rumah mewah. Begitu pun dalam merancang denah rumah bisa dengan mengambil dari sumber atau mengombinasikannya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Desain Rumah Type 60 3 Kamar Tidur, Luas dan Nyaman

Dengan sedikit kreativitas dan beragam referensi Anda bisa mulai merancang denah rumah impian Anda. Nah, agar menjadi lebih jelas dalam membangun rumah mewah impian Anda, berikut ini hal penting yang bisa Anda lakukan.

Buat Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat daftar aktivitas dan kebutuhan ruang dari setiap penghuni yang akan tinggal di rumah. Anda bisa mengeliminasi atau menggabungkan beberapa fungsi, serta aktivitas untuk efisiensi denah rumah mewah.

Pelajari dan Lakukan Riset

Selanjutnya adalah melakukan riset mengenai kebutuhan ruang dalam interior rumah. Anda bisa mulai dari standar ukuran tiap ruangan hingga berbagai kebutuhan mendasar dari setiap ruang. Seperti apakah ruangan tersebut butuh bukaan atau tidak.

Buat Korelasi di Tiap Ruang

Ide denah rumah mewah berikutnya adalah menghubungkan kebutuhan ruang satu dengan lainnya. Contohnya seperti ruang kamar tidur yang erat dengan kamar mandi diletakkan berdekatan. Sedangkan untuk ruang makan bisa dekat ruang keluarga atau dapur.

Setelah itu berikan zonasi pada diagram hubungan antar ruangan yang ada. Kenali bagian mana saja yang dijadikan area privat, publik, dan servis. Sehingga tiap zona tidak overlap dan mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

Mengubah Zonasi dan Diagram Jadi Denah Dasar

Tahap ini bertujuan memudahkan pengaplikasian denah rumah mewah ketika akan mulai pembangunan. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mengubah zonasi dan diagram yang telah dibuat menjadi denah dasar rumah impianmu.

Baca juga: Desain Rumah 2 Lantai Dengan Basement Unik dan Kelebihannya

Komponen dari denah rumah yang dibuat mungkin hanya berupa garis-garis sketsa. Sehingga penampilan rumah yang akan dibangun bisa tergambarkan dengan lebih jelas dan lebih detail.

Membuat Detail Denah Rumah

Langkah terakhir dalam pembuatan denah rumah impian berdesain mewah adalah memberikan detail pada denah rumah mewah tersebut. Itu artinya Anda harus membuat detail dan memperjelas denah di dalam rumah yang dibuat.

Cara membuat denah hunian tinggal yang dimaksud di sini meliputi notasi yang sesuai dengan bahasa arsitektur. Misalnya seperti ketebalan dinding, lambang bukaan pintu dan jendela, simbol material, dan hal sejenisnya.

Sementara itu untuk ukuran seperti dimensi ruang dan ketinggian lantainya sendiri juga bisa dilengkapi beserta detail arsitektural yang lain. Dengan gambaran yang detail akan makin memperjelas gambaran rumah idaman Anda.

Nah, itulah ide denah rumah mewah untuk pemula yang patut dicoba. Dengan mengikuti panduan dan langkah membuat denah rumah di atas, Anda bisa memiliki denah rumah yang komplit dan pastinya siap digunakan. (R9/HR-Online)

Loading...