Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruMerawat Motor Listrik Saat Musim Hujan

Merawat Motor Listrik Saat Musim Hujan

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Merawat motor listrik saat musim hujan. Motor listrik adalah salah satu motor yang populer di Indonesia. Jenis motor ini memang tergolong baru karena belum lama masuk ke pasaran.

Keuntungan menggunakan motor ini adalah minim perawatan. Bahkan tidak ada perawatan khusus seperti motor konvensional pada umumnya.

Meskipun demikian, ada beberapa tips merawat motor listrik yang harus diperhatikan, khususnya di musim hujan seperti sekarang.

Merawat Motor Listrik Saat Musim Hujan

Mengenal Motor Listik

Motor listrik adalah motor yang memiliki komponen sangat sederhana. Karena di dalam komponennya memang tidak ada piston, tidak ada mesin dan tidak ada transmisi.

Karena itulah, perawatan motor ini hampir tidak ada sama sekali. Komponen motor listrik hanya 3 bagian saja, yaitu motor listriknya, controller dan juga baterai.

Hal ini berbeda dengan motor biasa yang mempunyai banyak komponen. Mulai dari injektor, blok silinder, piston hingga busi.

Viar merupakan pabrikan pertama yang cukup sukses menjajakan dan juga memperkenalkan produk matik listik bernama Q1. 

Saat menggunakan motor listrik, baterai langsung habis dan tidak dapat digunakan setelah terisi 600 hingga 800 kali. Artinya, cara terbaik adalah ganti baterai sebelum menggunakan motor listrik.

Semakin intensif Anda menggunakan motor listrik ini, tentu masa pakai baterai juga semakin cepat habis.

Nah, jika baterai sudah habis atau tidak bisa digunakan, satu-satunya cara adalah dengan mengganti dengan baterai baru. Untuk baterai barunya bisa mencapai 5 jutaan.

Selain baterai, komponen lain yang harus diganti ketika musim hujan dan musim kemarau pada umumnya adalah ban serta kampas rem. Komponen tersebut mempunyai cara kerja yang sama dengan motor biasa pada umumnya.

Setelah digunakan dalam durasi tertentu, bagian tersebut akan habis. Ini juga berlaku untuk ban pada motor listrik yang Anda gunakan.

Perawatan Motor Listrik

Lantas bagaimana tips merawat motor listrik ketika musim hujan? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak perlu perawatan khusus.

Mungkin setelah digunakan di musim hujan, Anda tinggal mengelap bagian bodi motor saja. Tujuannya agar benar-benar bersih dari kotoran.

Biasanya bagian yang rawan kotor adalah bagian depan, ban dan juga body samping belakang.

Selain itu, pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kendaraan untuk berpergian tidak disarankan menggunakan motor listrik.

Pasalnya ini membantu agar baterai listrik tidak cepat habis. Belum lagi menggunakan motor listrik saat musim hujan juga sedikit beresiko karena air bisa merambatkan listrik yang ada di motor listrik tersebut.

Itulah tips bagaimana merawat motor listrik. Menggunakan motor listrik memang membantu untuk tidak menimbulkan polusi.

Bukan hanya itu, perawatannya yang sederhana juga menjadi alasan kenapa motor listrik menjadi kendaraan masyarakat modern seperti sekarang. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -