Jumat, Mei 27, 2022
BerandaArtikelMerawat Sepatu Boot Kulit Supaya Tetap Awet

Merawat Sepatu Boot Kulit Supaya Tetap Awet

Merawat sepatu boot kulit tidak seperti merawat sepatu pada umumnya. Sepatu boot cenderung memerlukan perawatan khusus supaya menjadi lebih awet.

Apalagi untuk para pecinta dan kolektor sepatu boots, tentunya sangat disayangkan ketika tidak tahu cara-cara merawat sepatu koleksinya.

Sepatu boot, khususnya yang terbuat dari kulit akan lebih mudah rusak karena hal-hal yang seringkali di anggap sepele, seperti karena terkena debu dan minyak.

Oleh karena itu, beberapa cara yang akan diulas di bawah ini bisa digunakan untuk menjaga sepatu boot kulit tidak mudah rusak.

3 Cara Merawat Sepatu Boot Kulit

Untuk melakukan perawatan terhadap sepatu jenis ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Anda, seperti:

1.  Langsung Dibersihkan Setelah Dipakai

Membersihkan sepatu boot kulit setiap setelah dipakai merupakan hal yang sangat penting, karena ketika sering digunakan pastinya akan sering terkena noda.

Untuk membersihkan noda biasa yaitu dengan mencampurkan air lemon dan krim tar-tar sampai menjadi pasta dengan perbandingan yang sama.

Kemudian oleskan ke bagian sepatu yang terkena noda dan diamkan setengah jam, setelah itu bersihkan dengan kain lembut.

Selanjutnya, sepatu boot kulit ketika terkena noda minyak atau makanan yang berminyak berbeda.

Caranya, taburkan serbuk soda kue atau tepung jagung di area tersebut dan gosok dengan lembut menggunakan lap basah kemudian biarkan semalaman.

Setelah dibiarkan semalaman, bersihkan serbuk yang ditaburkan sebelumnya menggunakan kain yang lembut.

2.  Beri Kondisioner

Merawat sepatu boot kulit selanjutnya adalah dengan memberikan kondisioner, hal ini penting justru karena material sepatu yang terbuat dari kulit.

Berikut caranya, pertama oleskan minyak atau wax yang dibuat khusus untuk kulit dengan kain kering dan lembut, pastikan semua bagian dioles dengan merata.

Selanjutnya diamkan sepatu sampai benar-benar kering sebelum dipakai kembali, karena ketika tidak benar-benar kering, kotoran akan lebih mudah menempel.

3.  Gunakan Waterproof Treatment

Terakhir, merawat sepatu boot kulit supaya tetap awet adalah menggunakan waterproof ketika akan digunakan.

Dengan waterproof akan mencegah sepatu terkena air secara langsung, karena sepatu yang menggunakan material kulit akan cepat rusak ketika sering terkena ari secara langsung.

Untuk Waterproof nya bisa menggunakan wax waterproof atau lilin, selain itu bisa juga menggunakan Silicon Spray Sealants.

Cara menggunakannya dengan digosokkan ke seluruh bagian sepatu atau bagian yang terbuat dari kulit sampai benar-benar menyerap.

Itulah beberapa langkah merawat sepatu boot kulit supaya tetap terlihat bagus ketika digunakan, dan membuat sepatu menjadi tidak mudah rusak. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -