Meski Ditunda, Tahapan Pilkades di Ciamis Sebelumnya Tidak Dibatalkan

Pilkades di Ciamis
Rakor Bupati dengan pihak terkait membahas penundaan Pilkades di Ciamis, Selasa (24/3/2020). Foto: Dok Humas.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pilkades serentak 2020 di Ciamis, Jawa Barat resmi ditunda. Hal ini berkaitan dengan pencegahan virus Corona yang mewabah di Indonesia. Namun meskipun ditunda tahapan Pilkades di Ciamis yang sudah dijalankan sebelumnya tidak lantas batal.

Keputusan ini diambil melalui rapat koordinasi Bupati Ciamis bersama pihak-pihak terkait di Setda Ciamis, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Sah! Pelaksanaan Pilkades Serentak di Ciamis Resmi Ditunda

“Pemkab Ciamis mengimbau seluruh perangkat daerah agar menunda kegiatan yang melibatkan pengerahan massa di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis,” ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Kegiatan yang melibatkan pengerahan massa termasuk pelaksanaan Pilkades, terutama dalam masa sosialisasi, pencoblosan, sampai penghitungan hasil Pilkades akan melibatkan masyarakat yang tidak sedikit.

“Setelah kami perhitungkan dan melihat situasi kondisi perlu Pemerintah kabupaten Ciamis mengambil sikap. Kita akan menangguhkan, pending sementara pelaksanaan Pilkades serentak 2020,” tegas Herdiat.

Namun Herdiat juga menegaskan, penundaan Pilkades ini tidak membatalkan tahapan yang sudah dilaksanakan. “Kita akan melanjutkannya tatkala situasi kondisi memungkinkan,” katanya.

Sementara masalah PLH (Pelaksana Harian) yang saat ini menggantikan kepala desa definitif di beberapa desa, Herdiat mengatakan, PLH akan difungsikan sampai kepala desa difinitif kembali diangkat.

“Penjabat yang berstatus PLH Desa itu bisa menjabat sampai 1 tahun, kalaulah habis secara masa penjabatnya akan diperpanjang dengan menginventarisir terlebih dahulu desa-desa yang habis masa jabatatannya,” lanjut Herdiat.

Sampaikan Keputusan Penundaan Pilkades di Ciamis dengan Bijak

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Menurutnya, menyikapi kondisi saat ini yang sudah tidak menentu akibat Covid-19, Pilkades harus ditunda.

“Terkait penundaannya merujuk status Siaga Darurat Bencana yang dikeluarkan BNPB, keadaan ini sampai 29 Mei dan keadaan ini bisa diperpanjang. Jadi  bisa dalam waktu yang belum ditentukan,” kata Yana.

Yana juga meminta Dinas DPMD agar menyampaikan keputusan penundaan Pilkades serentak 2020 di Ciamis dilakukan secara baik dan bijaksana.

Keputusan ditundanya pelaksanaan Pilkades serentak 2020 di Ciamis ini juga didukung oleh Kapolres Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Kejaksaan Negeri Ciamis, dan Komisi A DPRD Ciamis yang juga turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...