Model Baju Renang Muslimah yang Tertutup Tapi Fungsional

baju renang muslimah
Baju renang muslimah. Foto: Istimewa

Tren model baju renang muslimah akhir-akhir ini ikut berkembang mengikuti dinamika fashion muslimah modern. Bahkan tak sedikit baju renang yang khusus untuk wanita muslim diproduksi oleh brand-brand ternama. Namun perlu juga teliti saat memilih baju renang ini, karena tidak sedikit yang modelnya justru melanggar ketentuan syariah.

Seperti dketahui, renang merupakan jenis olahraga yang populer dan disukai banyak orang terlebih kaum hawa. Apalagi berenang termasuk olahraga terbaik untuk membentuk tubuh ideal dan menjaga kesehatan.

Pada beberapa tahun sebelumnya tidak mudah menemukan baju renang muslimah syar’i yang dijual di pasaran. Namun saat ini ada banyak sekali model, bentuk, maupun warna busana renang untuk muslimah ini.

Baca juga: Tren Busana Muslim Jelang Ramadan

Ammariz, Sporte, Speedo, Lasona, dan Arena adalah beberapa brand yang telah menghasilkan produk baju renang muslimah. Bahkan kabarnya, perusahaan ternama Nike juga ikut terjun dalam bisnis ini.

Dengan adanya busana olahraga yang tertutup ini tentunya sangat berguna buat kaum perempuan muslim untuk beraktivitas apa saja. Termasuk dalam berolahraga renang.

Dengan tersedianya busana olahraga tertutup ini memudahkan para muslimah untuk beraktivitas dan menjalani hobinya berenang. Bahkan tak sedikit artis dan tokoh masyarakat yang bebas berenang dengan pakaian ini tanpa risih lagi.

Ragam Bentuk dan Model Baju Renang Muslimah

Baju renang muslimah yang banyak dijual di pasaran sangat beragam model, bentuk dan coraknya. Baik yang dihasilkan brand ternama, home industri maupun buatan perusahaan lainnya.

Meskipun terkesan mirip atau setipe, namun busana renang syar’i tersebut memiliki perbedaan yang bisa Anda kenali. Dengan pengenalan ini Anda bisa memilih pakaian renang yang sesuai dan Anda inginkan.

Model baju renang syar’i buatan brand ternama tentunya memiliki bentuk yang jauh lebih modis. Aspek mode pun banyak yang dimasukkan agar pemakainya tak hanya nyaman, namun juga bisa terlihat menarik dan modis.

Baca juga: Baju Pantai Wanita Hijab, Desain Stylish dan Chic

Selain itu jenis bahan yang digunakan brand besar umumnya juga berkualitas. Mereka biasanya menggunakan jenis bahan spandex nylon yang lembut dan tidak ketat. Atau bahan nylon lycra yang tidak menyerap air.

TCL

Model baju renang muslimah semacam ini tak hanya menutup aurat, namun juga nyaman untuk berenang. Sifat bahan ini juga ringan, lentur, tahan terhadap kaporit air, bahkan ada yang tahan terhadap sinar UV matahari.

Sedangkan bentuknya, busana yang syari tentunya menutup aurat tubuh secara menyeluruh, kecuali telapak tangan dan kaki. Busana ini ada yang berbentuk terusan dari atasan dan bawahan serta ada pula yang terpisah.

Untuk bagian bawahan kebanyakan berbentuk celana panjang yang mengikuti bentuk kaki. Sedangkan atasannya berupa busana dengan rits di depan atau belakang.

Untuk jilbab penutup kepalanya umumnya rapat dan tidak mudah lepas saat berenang. Begitupun untuk lingkar wajah dibuat ciput dari karet sehingga cukup rapat dan tidak membuat jilbab renang mengembang.

Mekipun dikatakan sebagai baju renang muslimah namun tak semuanya sesuai dengan kaidah syariah. Ada sejumlah model busana ini yang panjang baju atasannya hanya sebatas pinggang, sehingga tidak menutup bagian pantat.

Baca juga: Kerudung Syar’i Terbaru, Melengkapi Penampilan Busana Bergaya Modis

Begitu juga dengan penutup kepalanya tak sedikit yang panjangnya hanya sebatas pundak, sehingga tidak menutup dada ataupun melindungi bagian dada saat basah yang mestinya justru lebih dilindungi.

Memilih Baju Renang Muslimah yang Syar’i

Agar aktivitas olahraga renang tetap terlaksana dengan lancar sekaligus tidak melanggar ketentuan agama, Anda perlu memilih model baju renang muslimah yang memang sesuai ketentuan syariah.

Diantaranya pilih baju renang yang dibuat dari bahan yang tidak licin agar tidak membentuk lekuk tubuh, khususnya saat basah. Busana longgar justru disarankan dan bukan yang ketat. Termasuk panjangnya hingga di bawah pinggul.

Selain itu sebaiknya kenakan busana renang yang berwarna hitam karena bisa menyamarkan lekuk tubuh. Sebaliknya, hindari mengenakan busana renang yang berwarna putih atau terang.

Begitupun untuk bagian bawahan sebaiknya gunakan model baju renang muslimah yang bagian ujung kakinya mengkerut. Untuk penutup kepalanya pilih jenis tuban yang lebih nyaman dipakai. (R9/HR-Online)

Loading...