Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif

rumah kayu minimalis
Model rumah kayu minimalis. Foto: Istimewa

Model rumah kayu minimalis mungkin jarang ditemukan khususnya di Jawa. Namun di luar Jawa yang masih kaya dengan kawasan hutannya, rumah kayu merupakan bentuk hunian yang lebih mudah dan dibuat masyarakatnya. Dulunya, model rumah semacam ini kerap diidentikkan sebagai rumah tradisional.

Model rumah yang satu ini memang dibuat dari kayu sebagai bahan utamanya. Konsep desain hunian ini memang mengadopsi konsep rumah selaras alam.

Apalagi jika dibandingkan dengan bentuk rumah berdinding tembok yang dinilai mahal. Karena itulah rumah kayu menjadi pilihan bentuk hunian untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Namun, seiring gaya hidup modern, bentuk rumah kayu justru mulai disukai karena lebih alami dan natural. Model rumah kayu minimalis merupakan hasil sentuhan kreatif para arsitek dalam mengangkat kembali hunian tradisional ini.

Gaya Model Rumah Kayu Minimalis

Saat ini ada banyak bentuk rumah kayu berdesain mewah dan eksklusif. Tampilan mewah ini karena adanya perpaduan dengan desain modern yang begitu menawan dan pernak-pernik lainnya.

Eksklusivitas rumah kayu minimalis juga karena adanya sentuhan elemen penting didalamnya. Pengaturan sirkulasi udara yang tepat, pencahayaan dengan menambahkan kaca, interiornya, hingga pemilihan mebelernya.

 Baca juga: Desain Rumah Minimalis Full Kaca dan Keunggulannya

Model rumah kayu saat ini malah menjadi pemandangan yang lumrah utamanya sebagai vila atau guest house di kawasan wisata puncak dan pegunungan.

Tampilannya yang modern terlihat sangat mewah dan menarik. Nah, ada beberapa desain rumah kayu minimalis yang bisa Anda jadikan referensi untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan bentuk semacam ini.

Model Rumah Kayu Panggung

Bagi kebanyakan masyarakat di daerah tertentu model rumah kayu panggung merupakan bentuk yang sangat sesuai dengan lingkungannya. Rumah ini dibuat dengan memberikan tiang panggung agar tidak menyentuh tanah.

Rumah panggung kebanyakan juga memiliki bentuk rumah kayu minimalis sebagai solusi dari kondisi lingkungannya. Selain itu harga kayu yang jauh lebih murah ketimbang semen dan material tembok membuat rumah ini menjadi pilihannya.

Desain Rumah Kayu Mungil

Rumah kayu tak selalu dibangun di areal yang luas. Asal harga bahan bangunan lebih murah dan stok yang cukup banyak, maka rumah dengan bahan kayu bisa dibangun di manapun. Termasuk di kawasan yang padat.

Sejumlah kawasan perumahan yang ada di sekitar perusahaan pertambangan dan kehutanan banyak terdapat rumah kayu minimalis dengan bentuk yang kecil. Rumah ini bisa berderet dengan bentuk yang lebih alami dan menarik.

Selain dibangun untuk para karyawannya, desain rumah kayu mungil juga lebih memenuhi kebutuhan karyawan yang umumnya tinggal sendiri atau bersama keluarga kecil. Dengan dua kamar saja rumah ini sudah cukup ideal.

Desain Rumah Kayu Modern Mewah

Desain rumah kayu modern mewah tak selalu harus menempati areal tanah yang luas. Tak sedikit juga model rumah semacam ini dibangun dengan tipe standar. Baik dengan dua kamar atau lebih maupun dengan bertingkat.

Baca juga: Desain Rumah Mezzanine, Solusi Memperluas Rumah Minimalis

Model hunian semacam ini juga diadopsi dalam bentuk rumah kayu minimalis modern yang asri. Aspek fungsionalitas denah ruangan lebih diutamakan agar memberikan manfaat yang optimal untuk penghuninya.

Kesan modern dan mewah pada rumah kayu semacam ini terutama adanya sentuhan unsur seni. Selain memberikan kesan klasik, rumah semacam ini juga terlihat unik. Baik pada arsitekturnya, adanya unsur kaca, hingga struktur bangunannya.

Itulah beberapa model desain rumah kayu minimalis yang terlahir dari para arsitek kreatif. Konsep selaras dengan alam untuk back to nature umumnya mendasari lahirnya bentuk rumah yang asri dan nyaman ini. (R9/HR-Online)

Loading...