Obat Alami Batu Ginjal yang Mudah Kita Temukan

Obat Alami Batu Ginjal yang Mudah Kita Temukan
Pengobatan batu ginjal bisa dilakukan dengan konsumsi bahan-bahan alami. Foto:Ist/Net

Obat alami batu ginjal ternyata mudah kita temukan di sekitar kita. Meski belum ada obat alami batu ginjal yang terbukti mampu menghilangkan batu ginjal, namun beberapa bahan alami bisa anda coba dan gunakan untuk mengecilkan ukuran batu ginjal.

Batu ginjal sendiri terdapat dalam sistem saluran kemih, termasuk kandung kemih, uretra (saluran kemih), ureter ataupun dalam ginjal. Batu ginjal terbentuk dari endapan kristal dan mineral, sehingga memiliki teksturnya yang  padat.

Kebanyakan orang mengobati batu ginjal dengan menjalani operasi atau pengobatan medis lainnya. Namun obat alami batu ginjal juga bisa kita coba gunakan untuk menyembuhkan dan melarutkan batu ginjal.

Menderita sakit batu ginjal memang cukup menyakitkan, betapa tidak akibat batu ginjal anda akan merasakan nyeri yang tak tertahankan di bagian bawah perut. Namun walaupun penyakit batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius, penyakit ini bisa disembuhkan salah satunya dengan bahan herbal.

Lalu apa sajakah bahan herbal yang bisa menyembuhkan penyakit batu ginjal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan beberapa obat alami batu ginjal;

Obat Alami Batu Ginjal

  1. Jus Daun Kemangi

Jika anda menderita penyakit batu ginjal, cobalah minum jus daun kemanggi dicampur madu. Daun kemangi dipercaya menjadi salah satu ramuan yang memiliki efek penguatan pada organ ginjal. Agar manfaat daun kemanggi bisa dirasakan, setidaknya anda harus minum jus kemanggii setiap hari selama enam bulan.

2. Perasan lemon

Obat alami batu ginjal lainnya yang bisa anda gunakan yakni perasan air lemon. Air lemon  mengandung sitrat yang mampu mencegah batu ginjal terbentuk. Sitrat juga akan memecah batu ginjal yang masih berukuran kecil, kemudian batu tersebut keluar dan mengalir dengan urine saat kita buang air kecil.

3. Lidah Buaya

Jus lidah buaya akan membantu membersihkan batu ginjal. Rutin minum jus lidah buaya akan membantu anda terhindar dari penyakit batu ginjal. Lidah buaya dipercaya mampu mencegah pembentukan baru batu ginjal.

4. Cuka Sari Apel

Obat alami batu ginjal lainnya yakni cuka sari apel. Cuka sari apel diketahui mengandung asam asetat yang mampu melarutkan endapan batu ginjal. Selain itu, cuka sari apel akan membantu mengurangi rasa nyeri pada tubuh yang diakibatkan oleh batu ginjal.

5. Jus Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan pada buah delima mampu mencegah perkembangan batu ginjal serta mampu menjaga ginjal agar tetap sehat. Buah delima juga mampu menurunkan tingkat keasaman urine, sehingga risiko pembentukan batu ginjal bisa diminimalisir. Jus buah delima juga membantu mengurangi nyeri akibat batu ginjal, konsumsi jus buah delima akan melemaskan otot saluran kemih yang menegang akibat batu ginjal.

6. Rumput Gandum

Obat alami batu ginjal selanjutnya yakni rumput gandum. Rumput gandum ini bersifat diuretik, sehingga jika rutin mengonsumsinya, maka batu ginjal lebih mudah mengalir bersama urine. Rumput gandung juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan serta dapat membersihkan ginjal.

7. Jus Seledri

Beberapa penelitian menyebut, jus seledri diyakini mampu membasmi racun yang menjadi faktor pembentukan batu ginjal. Jus seledri akan membasuh ginjal sehingga menghalangi kemunculan batu ginjal.

8. Kacang Merah

Kacang merah adalah salah satu makanan yang mampu melarutkan batu ginjal. Kacang merah sudah banyak dijadikan obat untuk pengobatan tradisional di beberapa negara.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Selain anda dianjurkan konsumsi obat alami batu ginjal, anda juga harus menghindari makanan yang akan memperparah penyakit batu ginjal yang anda derita. Lalu apa saja makanan yang menjadi pantrangan penderita batu ginjal;

1.Bayam

Bayam mengandung oksalat yang jika dikombinasikan dengan kalsium, maka akan membentuk kristal kalsium oksalat atau batu ginjal. Dengan demikian sayuran ini tidak boleh dikonsumsi penderita batu ginjal, karena akan semakin memperparah batu ginjal yang sudah ada.

2. Tomat

Meski rata-rata obat batu ginjal berasal dari rempah atau buah-buahan, namun tidak untuk buah tomat. Tomat merupakan sayuran yang juga kaya akan oksalat. Penderita batu ginjal disarankan untuk tidak mengonsumsi tomat, jika tidak ingin penyakitnya semakin parah.

4. Makanan Laut

Makanan laut merupakan makanan yang tinggi kandungan purin. Sehingga apabila penderita batu ginjal konsumsi makanan laut atau sea food, kadar purin dalam tubuh akan meningkat, sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya produksi asam urat dan menyebabkan batu ginjal.

5. Sodium atau Garam

Penderita batu ginjal hanya boleh mengonsumsi garam 2.500 miligram per hari. Garam mengandung natrium yang cukup tinggi sehingga malah akan memperburuk batu ginjal.

6. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang menjadi pantrangan penderita batu ginjal. Akan lebih baik jika penderita batu ginjal konsumsi makanan sehat yang bisa menjadi obat alami batu ginjal.

7. Teh

Teh juga akan memperparah penyakit batu ginjal. Selain makanan-makanan di atas, makan lain yang akan memperburuk batu ginjal anda sebut saha kacang polong, kacang tanah, jambu biji dan ubi jalar. Panganan tersebut mengandung oksalat yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi penderita batu ginjal dalam jumlah banyak, akan memperparah penyakit yang diderita.

Nah, itulah beberapa obat alami batu ginjal yang bisa kita sampaikan. Jika anda ragu-ragu, maka konsultasikan dulu dengan dokter spesialis urologi, untuk menghindari berbagai kemungkinan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...