Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruObat Alami Panu Paling Ampuh yang Ada di Sekitar Kita

Obat Alami Panu Paling Ampuh yang Ada di Sekitar Kita

Tahukah kamu obat alami panu paling ampuh? Ternyata obat alami panu bisa mudah kita dapatkan di sekitar kita. Berbagai bahan alami bisa anda jadikan ramuan untuk mengobati panu.

Panu sendiri merupakan sebuah kondisi dimana kulit mengalami bercak-bercak putih akibat infeksi kulit dari jamur. Untuk mengobati panu, anda bisa menggunakan obat kimia yang bisa dijual di apotek apotek. Obat panu di aoptek bisa dalam bentuk tablet (diminum) ataupun obat salep oles.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan obat alami panu paling ampuh yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Penyakit kulit panu akan muncul karena beberapa penyebab, salah satunya karena iklim panas, banyak berkeringat, kulit berminyak, hingga sistem kekebalan tubuh lemah. Biasanya panu muncul di bagian punggung, leher, paha, lipatan tangan bahkan bisa muncul di wajah.

Bisa dibayangkan jika panu ada pada wajah anda, selain akan mengurangi tingkat kepercayaan diri, panu juga sangat menyiksa penderitanya karena rasa gatal yang timbul dari panu. Agar tidak terkena penyakit panuan, sebaiknya anda lebih memperhatikan kebersihan pada tubuh.

Namun jika anda terlanjur menderita panuan, anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan panu pada tubuh anda. Berikut ini kami sampaikan obat alami panu paling ampuh:

9 Obat Alami Panu Paling Ampuh

1.  Lengkuas

Obat alami panu yang bisa anda gunakan yakni lengkuas. Lengkuas merupakan salah satu rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Sering digunakan sebagai bumbu masakan. Lengkuas memiliki kandungan flavonoid, amilum, dan kuersetin yang dipercaya ampuh membasmi panu.

Cara menggunakan lengkuas untuk  2 ruas jari lengkuas, tumbuh hingga halus dan campurkan dengan garam secukupnya, lalu oleskan pada bagian kulit yang panuan. Setelah itu, diamkan dulu 30 menit sampai lengkuas mengering, lalu bilas dengan air hangat.

2. Lidah buaya

Obat alami panu paling ampuh berikutnya yakni lidah buaya. Lidah buaya memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Mengandung berbagai senyawa aktif seperti vitamin, asam salisilat, asam amino dan berbagai enzim yang ada pada lidah buaya ampuh menjinakkan jamur yang menjadi penyebab utama panu.

Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobati panuan dengan cara menempelkan lidah buaya pada bagian yang terdapat panu. Anda bisa menjadikannya sebagai masker pada tubuh yang panuan, tunggu sampai gel lidah buayanya kering, lalu bilas dengan air bersih.

3. Bawang putih

Obat alami panu paling ampuh  yang ketiga adalah bawang putih. Bawang putih mengandungan senyawa antijamur sehingga mampu menghentikan tumbuhnya jamur pada kulit.

Cara menggunakan bawang putih untuk obati panu yakni anda tinggal menumbuk dua siung bawang putih sampai halus lalu oleskan pada bagian kulit yang panuan. Diamkan dulu selama 20 menitan sampai kandungan pada bawang putih meresap kedalam kulit, setelah itu bilas dengan air bersih. Agar panu bisa menghilang dari kulit, lakukan cara ini setiap hari.

4. Cuka apel

Obat alami panu paling ampuh selanjutnya yakni cuka apel. Cuka apel mudah kita dapatkan, dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit salah satunya mengobati panuan. Cuka apel diketahui mengandung antimikroba yang dipercaya ampuh meredakan panuan pada kulit.

Cara menggunakan cuka apel sangat mudah, anda tinggal mengoleskan pada bagian kulit yang panuan sebagai pengganti salep, minimalnya tiga kali sehari.

5. Minyak Kelapa

Obat alami panu paling ampuh berikutnya yakni minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam amino yang bisa mencegah dan membunuh pertumbuhan jamur pada kulit.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk panu sangat mudah. Oleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang panuan tiga kali sehari. Selain mampu menghilangkan panu, minyak kelapa juga mempunyai manfaat mengangkat sel kulit mati.

6. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat alami panu paling ampuh yang bisa anda gunakan di rumah. Selain itu, tanaman ini juga mengandung antioksidan yang tinggi dan juga memiliki zat anti inflamasi. Sehingga dipercaya ampuh mencegah berkembangnya jamur penyebab panu.

Menggunakan kunyit untuk obat alami panu sangat mudah, yakni tumbuh kunyit sampai halus lalu balurkan pada bagian kulit yang panuan. Setelah kunyit mengering, bilas dengan air bersih dan hangat.

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil juga merupakan salah satu obat alami panu paling ampuh. Mengandung antiseptik dan anti inflamasi, tea tree oil dipercaya ampuh menghilangkan berbagai bakteri, virus dan jamur penyebab infeksi pada kulit seperti panu.

Cara menggunakan tea tree oil sebagai obat panu yakni dengan cara mengoleskan ke bagian tubuh yang panuan dengan menggunakan cotton bud atau kapas pada bagian kulit yang panuan. Tea tree oil ini juga biasa digunakan untuk mengobati jerawat di wajah, cara ini juga bisa dipakai untuk anda yang memiliki panu di wajah.

8. Yoghurt

Yoghurt juga masuk dalam daftar obat alami panu paling ampuh. Namun yoghurt yang bisa digunakan untuk obat alami panu yakni yoghurt yang belum dicampur pemanis atau yoghurt tawar. Mengandung probiotik yoghurt bisa membasmi pertumbuhan jamur penyebab panu.

Cara menggunakan yoghurt untuk obat alami panu,  yakni dengan cara mengoleskan yoghurt pada bagian kulit yang panuan, diamkan 30 menit, lalu bilas dengan air hangat

9. Minyak Kayu Putih

Obat alami panu lainnya yakni minyak kayu putih. Mengandung terpenoid dan fenilpropanoid, minyak kayu putih bisa menjadi salah satu alternatif obat panu alami.

Senyawa Cineol pada minyak kayu putih berperan sebagai antijamur yang mampu menghambat jamur. Cara menggunakan minyak kayu putih mudah, yakni tinggal mengoleskan ke kulit yang ada panunya.

Nah, itulah beberapa obat alami panu paling ampuh yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -