Obat Kolesterol Alami Paling Ampuh yang Patut Anda Coba!

Obat Kolesterol Alami Paling Ampuh yang Patut Anda Coba!
Selain menggunakan obat-obatan medis, anda juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh menggunakan bahan-bahan alami. Foto:Ist/Net

Tahukah anda obat kolesterol alami paling ampuh, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh? Ya, selain dengan obat-obatan medis, anda juga bisa menurunkan kadar kolesterol menggunakan bahan-bahan alami.

Kolesterol kini lebih dikenal sebagai salah satu penyakit cukup mematikan di Indonesia. Namun kenyataannya, kolesterol ada pada tubuh setiap manusia. Kolesterol merupakan sebuah metabolit yang mengandung lemak sterol dan ditemukan pada membran sel yang disirkulasikan dalam plasma darah.

Penyakit kolesterol sering disebut ketika kadar kolesterol dalam darah seseorang melampaui batas normal. Saat ini, seiring berkembangnya jaman, penyakit kolesterol banyak diderita masyarakat tanpa mengenal usia. Faktor makanan dan kurangnya aktivitas olahraga, disebut menjadi salah satu penyebab kolesterol naik.

Kadar kolesterol yang tinggi jangan anda biarkan, karena akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya dan mematikan. Jika anda seseorang yang kerap mengalami kolesterol tinggi, tidak ada salahnya mencoba obat kolesterol alami paling ampuh, yang bisa dibuat sendiri dengan sangat mudah.

Apa Itu Kolesterol?

Namun sebelum kita bahas lebih jauh, kita akan bahas apa itu kolesterol. Kolesterol nyatanya tidak selalu berdampak jelek bagi tubuh. Ada dua jenis kolesterol yakni LDL dan HDL. LDL merupakan kolesterol jahat dan berbahaya bagi tubuh, sedangkan HDL merupakan kolesterol baik yang berfungsi melarutkan kolesterol jahat pada tubuh.

Batas normal kadar kolesterol pada tubuh yakni antara 16-200 mg. Jika sudah diatas 200 maka anda harus menjalani pengobatan yang dianjurkan dokter. Selain konsumsi obat medis, anda juga bisa mencoba menggunakan obat kolesterol alami paling ampuh dari bahan-bahan herbal alami.

Saat ini kolesterol tidak hanya menyerang kalangan orang tua saja. Namun usia muda dan remaja juga bisa mengalami masalah kolesterol tinggi. Hal tersebut dipicu dari asupan makanan yang kurang sehat seperti kebiasaan makan makanan berlemak dalam jumlah berlebih.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak akan membuat lemak menumpuk dalam tubuh dan berpotensi membuat kadar kolesterol dalam tubuh naik. Makanan berlemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh sebut saja, gorengan, susu, daging kambing dan masih banyak lagi.

Bahanya, saat kadar kolesterol jahat (LDL) naik, hal tersebut bisa membuat penyumbatan aliran darah. Timbunan lemak jahat pada tubuh, akan mengganggu suplai makanan menuju jantung. Kondisi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung bahkan stroke.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya jaga asupan makanan, hindari makanan-makanan yang akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh naik. Jangan lupa berolahraga, jaga kebersihan lingkungan dan rubah pola hidup menjadi lebih sehat. Selain itu, untyik menurunkan kadar koleseterol, anda tidak harus mengonsumsi obat kimia, cobalah obat kolesterol alami paling ampuh yang ada di sekitar anda.

8 Obat Kolesterol Alami Paling Ampuh

Berikut ini, kami uraikan, beberapa obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol;

1. Air Jeruk Nipis

Obat kolesterol alami paling ampuh yang pertama yakni air jeruk nipis. Buah jeruk nipis ini kaya akan kandungan flavonoid. Flavonoid ini bertindak sebagai anti-oksidan yang mampu melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel sehat pada tubuh.

Agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh berkurang, mulai saat ini anda harus rutin meminum air perasan jeruk nipis dengan dicampurkan air hangat saat pagi hari ketika bangun tidur dan sebelum tidur.

2.  Jus Anggur

Obat kolesterol alami paling ampuh yang kedua adalah jus anggur. Buah anggur memiliki anti-oksidan yang baik untuk tubuh seperti piceatannol dan resveratrol. Buah anggur pun menghasilkan fitonutrien yang mampu berperan sebagai zat anti mikroba.

Untuk merasakan manfaatnya, minum jus anggur minimalnya satu gelas per hari, agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa segera turun.

3. Jus Jambu Merah

Jus jambu merah juga masuk dalam daftar obat kolesterol alami paling ampuh. Selain mengandung anti-oksidan, jambu merah juga menegandung fitonutrein, vitamin B3, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, kalium, dan masih banyak lagi. Rutinlah minum jus jambu merah agar kolesterol dalam darah anda terkontrol.

4. Kulit Manggis

Selain rasa buahnya yang lezat, kulit manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Diketahui, kulit manggis mengandung zat anti kanker yang bernama xanthone. Kulit manggis juga mengandung anti-oksidan, yang jauh lebih kuat dibandingkan vitamin E dan C.

Anda bisa mudah mendapatkan kulit manggis, bisa dengan membeli ektrak kulit manggis yang dijual di apotek, atau memblender lansung kulit manggis dan langsung meminumnya.

5. Bekatul

Obat kolesterol alami paling ampuh berikutnya yakni bekatul. Bekatul adalah sisa proses penggilingan padi yang ke dua. Saat digiling, kulit padi bakal terpisah dari kulitnya. Ternyata bekatul ini bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh lho!

Bekatul diketahui mengandung tokotrienol yang berperan menghambat kerja enzim yang dapat menimbun kadar kolesterol dalam tubuh. Bekatul ini juga merupakan sumber serat pangan yang cukup baik untuk memperlancar proses pencernaan.

Lalu bagaimana cara konsumsi bekatul? Cara konsumsi bekatul ada dua cara. Pertama anda cukup mengukus bekatul selama 30 menit, diamkan sampai kering lalu makan. Cara yang kedua yakni dengan cara mengolah bekatul dengan cara di “Sangrai”. Sangrai bekatul tanpa minyak selama 10-20 menit, lalu konsumsi.

6. Biji-Bijian Utuh

Obat kolesterol alami paling ampuh lainnya yakni biji-bijian utuh. Mengandung berbagai nutrisi yang tinggi, konsumsi biji-bijian utuh akan membantu sel-sel di dalam tubuh berkembang dengan baik sehingga mampu mencegah radikal bebas.

Biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi seperti protein, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, vitamin B, fiber, zat besi, dan magnesium,.

7. Brokoli

Obat kolesterol alami paling ampuh lainnya yakni brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi sehingga dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli berperan sebagai sarana detoksifikasi alami tubuh.

Cara konsumsi brokoli sangat mudah, anda cukup rutin konsumsi rebusan brokoli dalam sayur dan hindari penggunaan minyak.

8. Oatmeal

Obat kolesterol alami paling ampuh terakhir yakni oatmeal. Oatmeal ini panganan yang kaya  serat dan dipercaya ampuh menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Mulai saat ini rajinlah konsumsi oatmeal agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa turun.

Selain konsumsi makanan yang menjadi obat alami kolesterol, anda juga mesti menghindari makanan penyebab naiknya kolesterol jahat. Anda harus mulai menghindari makanan tinggi lemak dan pilih makanan sehat. Selain itu rutinlah berolahraga agar kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Anda tidak perlu olahraga berat, cukup jogging, bersepeda, jalan santai dan bisa juga berenang.

Nah itulah beberapa obat kolesterol alami yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. Salam sehat! (Jujang/R8/HR Online)