Olahraga untuk Ibu Hamil Biar Tetap Sehat

Olahraga untuk Ibu Hamil Biar Tetap Sehat

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Olahraga untuk Ibu Hamil Biar tetap Nyaman dan Sehat. Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang wajib Anda lakukan setiap hari.

Apalagi bagi Anda yang sedang mengandung, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur.

Pastinya juga disertai dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga kebutuhan janin Anda dapat terpenuhi.

Mengingat pentingnya hal tersebut, pastinya Anda perlu mengetahui beberapa tips berolahraga bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cidera.

Baca Juga: Mau Cepat Hamil? Ini Saran Buat Pasangan Baru

Tips Olahraga untuk Ibu Hamil

Jenis Olahraga

Saat Anda ingin melakukan olahraga, alangkah baiknya jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai jenis olaharaga yang dilakukan sesuai dengan keadaan kehamilan.

Dokter biasanya menganjurkan Anda melakukan jenis olahraga seperti berenang, berjalan cepat, bersepeda statis, melakukan aerobik ringin, yoga dan pilates.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menghindari jenis olahraga yang beresiko besar seperti halnya sepak bola, olahraga melompat, voli dan basket.

Karena olahraga jenis ini bisa berakibat anda mengalami insiden fatal seperti terjatuh. Sehingga, Anda dapat menghindari hal-hal yang nantinya dapat merugikan baik yang mendung atau yang di kandung.

Baca Juga: Khasiat Kurma Muda Bisa Membuat Wanita Cepat Hamil Lho!

Durasi Olahraga

Tip olahraga untuk ibu hamil selanjutnya adalah berkaitan dengan durasi. Menentukan durasi dalam berolahraga sangat perlu. Dan Anda perlu menghindari olahraga dengan waktu yang cukup lama.

Biasanya durasi olahraga yang disarankan oleh dokter adalah selama 30 menit. Dan sekiranya Anda merasa lelah, lemas, bahkan pusing, segeralah berhenti.

Menggunakan Pakaian Nyaman

Tips olahraga untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian yang nyaman untuk dikenakan.

Seperti halnya pakaian yang longgar atau menyesuaiakan ukuran tubuh Anda. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan  jenis kain yang akan Anda kenakan dan mampu menyerap keringat.

Selain pakaian, jenis dan ukuran celana juga perlu Anda perhatikan. Pilihlah celana yang longgar dan panjang sesuai ukuran. Serta celana yang memiliki lingkar pinggang berasal dari bahan yang elastis atau karet.

Bila perlu Anda menggunakan bra khusus untuk berolahraga yang memiliki tali penyangga berukuran lebar dan terdapat karet penyangga payudara.

Baca Juga: Kaya Gizi dan Nutrisi, Manfaat Buah Kelengkeng Bagus untuk Ibu Hamil

Menggunakan Sepatu Sesuai Ukuran

Saat melakukan olahraga, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai ukuran sepatu yang akan Anda kenakan berolahraga.

Hindari ukuran sepatu yang terlalu sempit yang akhirnya membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain itu, efek yang Anda dapatkan adalah rasa nyeri bahkan hingga bengkak.

Mengetahui begitu pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh, terutama bagi anda yang sedang hamil, sangat dianjurkan melakukannya secara rutin agar janin tidak mengalami kecacatan.

Namun pastikan bahwa, Tips Olahraga untuk Ibu Hamil seperti diatas Anda terapkan dengan baik dan tetap hati-hati agar tidak ada risiko yang terjadi. (Deni/R4/HR-Online)