Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisOmzet Pedagang di Ciamis Menurun Gegara Corona

Omzet Pedagang di Ciamis Menurun Gegara Corona

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Imbauan pemerintah agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah rupanya berimbas pada omzet pedagang di Ciamis. Imbauan tersebut dikeluarkan pasca mewabahnya virus Corona Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Kasus Corona di Ciamis: 1 ODP, 1 PDP, 0 Positif

Bukan hanya di Ciamis, namun sejumlah tempat keramaian di beberapa kota di Indonesia pun cukup sepi tanpa ada aktifitas masyarakat seperti biasanya.

Kondisi ini pun terlihat di Pasar Manis Ciamis. Aktifitas pasar yang biasanya cukup padat dengan pembeli yang datang dan pergi, pada Senin (16/3/2020) terlihat lengang.

Kurangnya pengunjung pasar diakui pedagang sangat berimbas kepada omzet dagangannya. Sebelum imbauan dikeluarkan, omzet sudah menurun seiring wabah virus Corona, kini omzet pedagang di Ciamis semakin menurun setelah imbauan tersebut dikeluarkan.

“Omzet penjualan saya menurun drastis, jika dibandingkan sebelumnya, hari ini benar-benar sedikit pembeli yang datang,” ujar Ajat, seorang penjual ikan segar di Pasar Manis Ciamis, Senin (15/3/2020).

Ajat menuturkan, penurunan omzet itu terjadi lantaran aktifitas masyarakat dibatasi  hingga sekolahpun libur.

“Hari ini saja saya baru menjual ikan segar 10 kilo, beda dengan hari-hari biasa, jam segini biasanya sudah menjual 50 kilo ikan,” terangnya.

Meskipun ada penurunan penjualan, namun Ajat mengatakan, harga ikan segar yang dijualnya masih stabil.

“Harganya masih sama, nggak naik, nggak turun, cuma karena sepi, pembeli sedikit yang datang ke pasar, kondisinya jadi seperti ini,” katanya.

Sementara salah seorang pembeli ikan laut segar, Ira (45), mengatakan, dirinya masih tetap datang ke pasar meskipun ada imbauan agar tak banyak beraktifitas di luar rumah.

“Ikan sudah jadi kebutuhan keluarga, jadi saya tetap datang ke pasar, beli ikan-ikan ini, yak an untuk keluarga juga,” ungkapnya. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -