Pakai Seatbelt yang Benar saat Naik Mobil!

Pakai Seatbelt yang Benar saat Naik Mobil

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Pakai Seatbelt yang benar saat naik mobil. Mobil menjadi kendaraaan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh pekerja kantoran yang memiliki jadwal sangat padat.

Faktor keselamatan menjadi prioritas utama bagi pengendara. Untuk urusan tersebut, hendaknya selalu memperhatikan cara memakai Seatbelt yang benar agar berkendara akan semakin aman.

Cara Pakai Seatbelt

Pastikan Seatbelt Terpasang Rapi

Fungsi keselamatan dari Seatbelt pada mobil menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Sebelum memulai berkendara, hendaknya perhatikan dahulu memasang Seatbelt dengan baik dan rapi.

Hindari memasang Seatbelt dengan posisi sabuk melintir. Karena hal tersebut akan mengurangi fungsi Seatbelt sebagai pengaman.

Hendaknya tidak terburu-buru dalam memasang Seatbelt, agar posisi dari sabuk bisa tertata dengan benar dan lurus dengan posisi tubuh Anda.

Posisi Seatbelt Harus Benar

Seatbelt adalah salah satu alat pengaman di mobil yang penting untuk digunakan. Cara pakai Seatbelt yang tidak benar bisa meningkatkan resiko pengendara mengalami cedera parah apabila terjadi tabrakan.

Memasang Seatbelt, tidak dilakukan dengan asal saja. Namun harus memperhatikan tata cara posisi pemasangan yang benar.

Memasang Seatbelt pada posisi di atas berada pada titik pundah Anda. Sedangkan pada posisi bawah, harus memastikan berada pada posisi bawah pusar Anda.

Hal ini dikarenakan pada posisi tersebut tubuh Anda memiliki tulang yang kuat untuk bisa menahan tubuh apabila terjadi tabrakan.

Pastikan Seatbelt Terkunci

Posisi Seatbelt yang belum terkunci sepenuhnya sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna mobil. Kondisi ini dikarenakan pengguna mobil tergesa-gesa untuk memasang Seatbeltnya.

Untuk dapat memastikan Seatbelt sudah terkunci dengan benar, anda bisa mendengar bunyi klik ketika dipasang.

Bunyi klik menandakan bahwa Seatbelt Anda telah terkunci sepenuhnya. Untuk lebih memastikannya, Anda bisa menarik sabuk tersebut. Apabila dirasa telah kuat maka Seatbelt yang Anda gunakan telah terkunci dengan benar.

Seatbelt juga Digunakan Penumpang

Fungsi Seatbelt yakni untuk menahan tubuh Anda dari pentalan apabila terjadi tabrakan. Penggunaan dan cara pakai Seatbelt bisa dilakukan oleh pengendara yang memegang setir.

Tapi, Seatbelt juga bisa digunakan oleh penumpang untuk lebih meningkatkan keselamatan dalam perjalanan.

Biasanya penumpang banyak yang mengabaikan saat menggunakan Seatbelt karena dirasa kurang nyaman.

Pemahaman juga hendaknya disampaikan oleh pengemudi, sehingga bisa menginstruksikan kepada penumpang untuk menggunakan Seatbelt pada tempat duduknya dengan baik dan benar.

Setalah dapat dipastikan Seatbelt telah terpasang dengan benar, pengemudi bisa mulai menjalankan kendaraannya.

Keselamatan menjadi hal utama yang harus menjadi prioritas bagi pengemudi mobil. Hal ini sebagai tindakan pencegahan, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

Menggunakan Seatbelt, bisa membuat pengemudi merasa lebih terlindungi ketika berkendara. Demikian cara pakai Seatbelt yang benar saat naik mobil. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...