Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruPantangan Sakit Tipes yang Wajib Dihindari Agar Cepat Sembuh

Pantangan Sakit Tipes yang Wajib Dihindari Agar Cepat Sembuh

Menghindari pantangan sakit tipes merupakan hal penting agar cepat sembuh. Apalagi penyakit tipes menyerang bagian pencernaan tubuh yang selalu berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi. Karenanya menerapkan pola hidup sehat merupakan solusi agar terhindar dari penyakit tersebut.

Tifus yang populer dengan sebutan demam tifus atau demam tifoid termasuk jenis penyakit menular yang menyerang bagian pencernaan. Penyakit ini terutama disebabkan bakteri yang terbawa pada makanan yang dikonsumsi.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Salmonella typhi merupakan nama bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Tifus kerap menimbulkan epidemi di Indonesia dengan sasaran utama anak-anak.

Rentannya anak-anak yang terkena penyakit ini terutama disinyalir akibat kebersihan yang kurang terjaga. Jajan sembarangan, tidak mencuci tangan saat makan dan perilaku tak bersih lainnya menjadi pemicu penyakiti ini.

Untuk penanganan yang efektif, menjauhi pantangan sakit tipes merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan. Tanpa perawatan yang efektif, penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian.

Gejala penyakit tipes terutama yang menyerang balita dan anak-anak diantaranya demam tinggi, pusing, sakit perut dan diare, sakit tenggorokan, tubuh lemah dan lelah, nafsu makan hilang dan muncul lapisan putih di lidah.

Perawatan Efektif dengan Pantangan Sakit Tipes

Saat seseorang memperlihatkan gejala penyakit tipes perlu segera diberikan pengobatan dari dokter. Namun agar cepat sembuh juga membutuhkan perawatan yang telaten, termasuk dengan menghindari pantangan sakit tipes berikut ini.

Makanan Pedas

Makanan pedas sangat dianjurkan untuk dihindari penderita tipes. Konsumsi makanan pedas dari cabai, merica, maupun wasabi bisa menyebabkan iritasi dan menambah berat kondisi infeksi pencernaan.

Karena itu Anda yang hobi makan pedas sebaiknya menunda makanan semacam ini lebih dulu hingga sembuh. Bahkan penderita harus banyak makanan tawar untuk menetralkan pencernaan.

Makanan Tinggi Serat

Pantangan sakit tipes yang juga wajib dijauhi adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Oatmeal, roti gandum, kangkung, ataupun buah alpukat adalah makanan kaya serat yang jika dimakan akan lama dicerna tubuh.

Kalaupun ingin makan sayuran yang mengandung serat pilih makanan yang kadar seratnya rendah dan dalam porsi yang sedikit saja. Menjaga kerja pencernaan akan membantu mempercepat penyembuhan.

Makanan Gorengan dan Bersantan

Makanan gorengan maupun yang bersantan juga termasuk pantangan sakit tipes yang wajib dihindari. Makanan ini lebih sulit dicerna yang bisa memberatkan kerja pencernaan dan bisa menyebabkan komplikasi tipes.

Sayuran Pemicu Gas

Menjaga kerja organ pencernaan sangat penting diperhatikan penderita tifus. Karena itu sayuran pemicu gas juga harus dijauhi. Kubis, kol dan paprika adalah jenis sayuran yang bisa memicu buang gas.

Terganggunya saluran pencernaan karena tipes justru harus dijauhkan dari makanan yang bisa menyebabkan menumpuknya gas di dalamnya. Penderita sebaiknya memilih makanan kaya protein dengan tekstur yang lembut.

Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga termasuk pantangan sakit tipes yang wajib dihindari. Hal ini karena makanan seperti ini justru bisa memberatkan kerja pencernaan yang sedang terinfeksi.

Makanan sumber karbohidrat tinggi diantaranya beras merah, beras ketan, ubi, talas, singkong, jagung, dan kue-kue manis atau gurih. Kalupun makan nasi atau roti sebaiknya dibuat tim atau bubur yang lembut.

Itulah berbagi makanan pantangan sakit tipes yang sebaiknya dijauhi orang yang sedang sakit tipes. Selain berbagai makanan yang terlarang di atas, penderita juga harus mengubah perilaku dan gaya hidupnya menjadi lebih sehat.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, pasien sakit tipes juga harus menjaga makanannya. Makanan harus dimasak dengan benar-benar matang dan sebaiknya tidak jajan di warung pinggir jalan.

Penderita yang sedang sakit tipes atau belum sembuh benar sebaiknya membatasi interaksinya dengan orang lain karena mudah menular. Semoga informasi pantangan sakit tipes ini bermanfaat ya. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img