Kamis, Mei 19, 2022
BerandaArtikelPasien Corona di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang

Pasien Corona di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang

Kemenkes (Kementerian Kesehatan) kembali mengumumkan dua orang pasien yang positif terjangkit virus corona. Keduanya dinamakan kasus 3 dan kasus 4. Menyusul pasien corona sebelumnya yang disebut kasus 1 dan kasus 2. Sehingga total pasien corona di Indonesia menjadi 4 orang.

Diketahui kedua orang yang terjangkit virus corona ini berhubungan dengan pasien corona sebelumnya.

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Begini Gejala dan Cara Penularannya

Sebelumnya Kemenkes memeriksa sejumlah orang yang melakukan kontak dengan pasien 1 yang lebih dulu terpapar virus corona.

Total ada 80 orang yang menghadiri acara dimana pasien pertama terinfeksi corona. Jumlah tersebut termasuk pegawai tempat acara tersebut berlangsung.

Ke-80 orang itu kemudian diidentifikasi oleh Dinkes DKI Jakarta, bersama dengan Kepolisian dan BIN.

Berdasarkan hasil identifikasi ditemukan 20 orang yang kontak langsung dengan pasien pertama. Selanjutnya dari 20 orang dikerucutkan lagi menjadi 7 orang.

Ketujuh orang inilah yang kemudian diobservasi di RSPI Sulianti Saroso. Mereka sedang mengalami influenza ketika masuk Rumah Sakit, namun gejalanya masih dikatakan tingkat sedang.

Dari ketujuh orang itulah, 2 orang diantaranya terkonfirmasi positif terjangkit virus corona, yang kemudian disebut kasus 3 dan kasus 4.

Bertambahnya pasien corona di Indonesia diumumkan langsung oleh Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah dalam penanganan kasus virus corona.

“Kedua orang yang positif terjangkit virus corona ini tidak serumah, usianya antara 33-34 tahun, saat masuk RSPI keduanya mengeluh batuk dan pilek, namun tidak ada gejala sesak nafas,” ujar Yuri, Jum’at (6/4/2020).

Kondisi terakhir dua pasien corona yang kini diisolasi di RSPI Sulianti Suroso, suhu tubuhnya di atas 37,6 derajat celcius.

“Harapannya kondisi ini bisa kita tangani dalam waktu dekat, sehingga kondisi kedua pasien menjadi baik kembali,” kata Yuri.

Pasien Virus Corona di Indonesia Pertama dan Kedua Diumumkan Jokowi

Sebelumnya, Virus corona masuk Indonesia, hal itu diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada konferensi pers di Jakarta, Senin (2/3/2020), Jokowi mengatakan 2 orang WNI positif corona.

WNI yang positif terpapar virus dengan nama Covid-19 ini merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang perempuan berusia 31 tahun. Ibu dan anak ini tinggal di Depok, Jawa Barat.

Baik ibu dan anaknya yang terpapar virus corona kini sudah dirawat di RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -