PDP di Ciamis Meninggal Dunia, Rapid Tes Tunjukkan Pasien Negatif Corona

PDP di Ciamis meninggal dunia
Juru bicara Covid-19 Center Ciamis, dr Bayu Yudiawan. Foto: Dok Humas.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seorang Pasien Dalam Pengawasan atau PDP di Ciamis meninggal dunia saat sedang dirawat di ruang isolasi rumah sakit, Senin (30/3/2020).

Juru bicara tim Covid-19 Center Ciamis, dr Bayu Yudiawan, mengatakan PDP tersebut sudah dites Corona dengan rapid diagnostis test atau rapid test, hasilnya negatif.

“Kalau untuk tes swab, kami sudah kirimkan sampel swab PCR dari PDP yang meninggal. Kami kirim ke BLK Jakarta, tanggal 28 Maret 2020. Sudah ditanyakan, tapi jawaban BLK masih antri pemeriksaan,” kata dr Bayu.

Bayu menambahkan, hasil pemeriksaan sampel swab dari PDP sebelumnya yang dikirim pada tanggal 24 Maret, juga belum keluar. Meskipun begitu Bayu memastikan rapid tes yang dilakukan pada PDP meninggal di Ciamis hasilnya negatif.

“Untuk pasien yang meninggal sudah dilakukan juga tes RDT (Rapid Diagnostic Test) hasilnya negatif, jadi sebelum meninggal itu sudah kami lakukan tes swab dan RDT, hasil RDT menunjukkan pasien negatif Covid-19, tapi hasil tes swab PCR hasilnya belum keluar,” ungkapnya.

PDP yang meninggal di Ciamis tersebut, kata Bayu, baru pulang dari Jakarta, di rumahnya dia mengalami sakit demam dan sesak nafas.

“Setelah ada laporan masuk, kami jemput dan dirawat di ruang isolasi rumah sakit, 4 hari dirawat pasien meninggal,” terang Bayu.

Meskipun hasil rapid test menunjukkan hasil negatijf, namun proses pemakaman jenazah PDP di Ciamis meninggal dunia tersebut dilaksanakan sesuai prosedur untuk PDP pada umumnya.

“Jenazah dipulasara oleh petugas, dikafani dengan lapisan tertentu sesuai protap, dibungkus kantong jenazah plastik, tidak dibuka lagi dan dimakamkan sesuai prosedur,” terang Bayu.

Bayu menambahkan, PDP yang meninggal juga mengidap penyakit TBC dan kerap berobat ke Puskesmas. “PDP ini juga diketahui memiliki riwayat TBC dan rawat jalan di Puskesmas,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...