Pemicu Kejang Epilepsi Ini Perlu Anda Ketahui!

Pemicu Kejang Epilepsi Ini Perlu Anda Ketahui!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Pemicu Kejang Epilepsi Ini Perlu Anda Ketahui! Kejang epilepsi merupakan salah satu penyakit gangguan yang terjadi pada saraf akibat aktivitas listrik otak.

Namun, kebanyakan kejang ini menyerang anak yang masih berusia balita. Kejang akan terjadi ketika implus listrik dihasilkan secara berlebihan, sehingga mengakibatkan tubuh menjadi kaku dan kejang.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan apa saja pemicu kejang epilepsi. Berikut ini ulasannya;

Pemicu Kejang Epilepsi

Berada Dibawah Terik Matahari

Beraktivitas di bawah panas terik matahari entah itu bermain, berjalan, bekerja dan aktivitas lain sebagainya, cukup berbahaya bagi kesehatan. Dan hal ini juga dapat menjadi salah satu penyebab pemicu kejang epilepsi.

Sebab, ketika Anda terlalu lama berpanas-panasan, maka sistem tubuh akan sangat sulit untuk melakukan pendinginan, sehingga otak tidak lagi berfungsi dengan baik dalam suhu yang tinggi.

Banyak Mengkonsumsi Alkohol

Para ilmuan telah membuktikan bahwa kebanyakan orang yang meminum alkohol dalam jumlah yang cukup banyak, seperti halnya zat alkohol, bir, dan wine, dapat mempengaruhi cara kerja dalam otak.

Selain itu, juga dapat menggangu aktivitas elektrik yang dilakukan di dalam otak, sehingga hal tersebut dapat menjadi pemicu epilepsi.

Kurang Tidur

Pemicu kejang epilepsi selanjutnya yaitu bisa disebabkan karena kurangnya tidur. Memang belum pasti ditemukan alasan mengenai kurang tidur yang mengakibatkan kejang epilepsi.

Namun, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh karena tidur memiliki sifat restoratif, dimana ketika Anda sedang tidur tubuh mampu memperbaiki sel-sel yang berada dalam tubuh, sehingga bisa memulihkan energi kembali.

Kadar Gula Terlalu Rendah

Otak merupakan konsumen yang membutuhkan kadar gula terbanyak dibandingkan dengan organ tubuh lainnya.

Organ tubuh yang sedang mengalami penurunan kadar gula atau sering disebut hipoglikemia, pasti akan menyalur dalam otak. Alhasil otak menjadi bermasalah dan dari sinilah tubuh akan mengalami kejang epilepsi.

Hipoglikemia juga dapat menimbulkan efek terhadap obat yang dikonsumsi penderita diabetes. Sehingga penderita diabetes ini kemungkinan besar akan lebih beresiko tinggi mengalami kejang epilepsi.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Obat-obatan

Bagi Anda yang menderita beberapa jenis penyakit dan sudah kecanduan terhadap obat, jika Anda tidak meminumnya maka merasa tidak akan sembuh.

Obat-obat ini sangat perlu Anda hindari, sepertihalnya obat antibiotik, kuinolon, dan jenis oabat-obatan nyeri lainnya seperti tramadol. Karena jika dikonsumsi terlampau banyak, dapat meningkatkan resiko kejang epilepsi.

Itulah beberapa pemicu kejang epilepsi yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Sebab hal tersebut dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa disadari. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu pemicunya kemudian pelajari cara pencegahannya. (Deni/R4/HR-Online)