Pemkab Ciamis Gelontorkan Rp 8 M Tangani Wabah Corona

Penanganan Wabah Corona
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dalam penanganan wabah Corona Covid-19 terus dilakukan. Termasuk menyiapkan Biaya Tak Terduga (BTT) dengan alokasi anggaran Rp 8 Miliar melalui APBD ll.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Pemkab Ciamis sangat serius dalam penanganan Covid-19 di Ciamis. Salah satu bentuk keseriusan Pemkab dalam penanganan wabah Corona Covid-19  dengan menganggarkan Rp. 8 Miliar untuk biaya tanggap darurat Covid-19.

“Sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat mengenai wabah Covid-19 agar setiap daerah waspada mengenai penyebaran Covid-19 ini,” terangnya kepada wartawan di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Ciamis, Kamis, (26/03/2020) .

Yana juga menyampaikan, peruntukan anggaran salah satunya untuk disalurkan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) para tenaga medis di kabupaten Ciamis. Hanya saja, Pemkab Ciamis saat ini kesulitan untuk membeli APD karena langka.

“Anggaran untuk membeli sudah ada, tapi barangnya sangat sulit, kami juga terus berkoordinasi ke sana ke mari, khususnya kepada Pemerintah Pusat, tiap jam kalau bisa dikatakan untuk terus berkoordinasi dalam pengadaan alat pelindung diri untuk tenaga medis,” ungkapnya. .

Yana berharap tenaga medis yang berada di Puskesmas, RSUD Ciamis tetap bekerja mengikuti SOP walaupun APD terbatas.

“Kita saat ini sedang berusaha untuk penyiapan barang. Kemarin juga ada APD salah satunya masker, langsung disalurkan kepada para tenaga medis, tidak ada kata menunggu,” ucapnya.

Yana juga menghimbau masyarakat Kabupaten Ciamis untuk tetap tenang dan membantu para ahli medis yang saat ini sedang bekerja dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Karena Covid-19 penanganannya tanggung jawab bersama, maka dari itu kita mohon kepada seluruh masyarakat bekerja sama dengan cara mengikuti anjuran pemerintah mengenai Sosial Distancing. Kalaupun tidak terlalu perlu jangan berkeliaran keluar rumah,” tegasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...