Penyebab Laptop No Bootable Device, Penting untuk Diwaspadai

Penyebab Laptop No Bootable Device
Penyebab Laptop No Bootable Device. Foto: Istimewa

Penyebab laptop no bootable device tentunya menjadi hal yang pelu kita waspadai. Gangguan laptop semacam ini pastinya memberikan dampak yang kurang baik bagi kita selaku pengguna laptop.

Laptop sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Bahkan saat ini, seiring majunya teknologi, setiap jenis pekerjaan sudah menggunakan laptop sebagai penunjang kelancarannya.

Namun apa jadinya jika laptop yang kita gunakan mengalami kerusakan seperti munculnya no bootable device. Tentunya hal semacam ini harus anda perhatikan apa saja penyebabnya.

Berbagai Penyebab Laptop No Bootable Device

Salah satu kerusakan seperti adanya keluarnya pesan no bootable device ini merupakan gangguan pada Windows yang disebabkan komputer atau laptop menjadi tidak dapat melakukan proses booting.

Booting sendiri adalah salah satu proses yang sangat penting di dalam sebuah laptop. Booting merupakan proses loading awal di saat kita menghidupkan laptop atau komputer.

Proses booting yang dilakukan bertujuan untuk memeriksa hardware dan juga memuat software sebelum komputer atau laptop digunakan.

Baca juga: Laptop Kemasukan Semut, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengingat pentingnya proses booting pada laptop, maka sudah dapat dipastikan jika adanya kerusakan munculnya pesan no bootable device ini akan mengganggu sistem dan komponen yang ada di dalam laptop.

Sebenarnya, permasalahan semacam ini sudah sangat familiar bagi para pengguna laptop. Maka dari itu, agar dapat menghindarinya, maka penting bagi kita untuk mengetahui penyebabnya. Berikut ini penyebab laptop no bootable device.

Kerusakan Data pada Sistem

Salah satu penyebab no bootable device yaitu kerusakan data pada sistem atau lebih sering disebut sebagai corrupt.

Terjadinya kerusakan data pada sistem semacam ini menandakan bahwa file atau data yang ada di dalam laptop saat akan dibuka mengalami gangguan.

Jika sudah demikian, maka tak heran bila laptop anda tidak mau menjalankan proses booting atau munculnya pesan ini. Pada dasarnya, kerusakan data pada sistem ini juga disebabkan oleh berbagai faktor.

Penyebab laptop no bootable device seperti halnya kerusakan data secara fisik maupun kerusakan data secara digital atau virtual.

Agar dapat menghindari kerusakan data pada sistem, maka cara yang dapat mencegahnya adalah dengan melindungi data anda.

Terdapat Virus di dalam Laptop

Alasan munculnya no bootable device berikutnya adalah adanya virus di dalam laptop tersebut. Tak dapat kita pungkiri memang, adanya virus dalam jumlah yang banyak di dalam laptop kita pastinya akan mengganggu berbagai sistem.

Apalagi jika virus yang menyerang laptop adalah jenis virus yang berbahaya. Maka tak heran bila berbagai komponen di dalam laptop mengalami gangguan.

Karena penyebab laptop no bootable device ini, maka laptop yang sering kita gunakan tidak dapat melakukan proses booting.

Selain itu, adanya gangguan semacam ini dapat membuat performa laptop tidak dapat bekerja seperti biasanya.

Baca juga: Laptop Mendadak Black Screen, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masuknya virus ke dalam laptop biasanya tanpa ada unsur ketidaksengajaan. Terkadang tanpa sepengetahuan pemiliknya, virus ini pun dapat masuk. Salah satu faktor pemicunya adalah seringnya melakukan transfer data yang kurang aman.

Maka dari itu, alangkah baiknya sebagai bentuk antisipasi yang dapat dilakukan, penting dalam menggunakan antivirus pada laptop kita. Sehingga virus-virus yang sekiranya dapat masuk dapat dibersihkan dengan mudah dan cepat.

Kesalahan dalam Pengaturan BIOS

Penyebab laptop no bootable device yaitu terjadinya kesalahan dalam pengaturan BIOS. BIOS sendiri adalah sebuah basic input atau output sistem yang mana merupakan suatu program di dalam komputer atau laptop.

Dimana BIOS sendiri ditulis dengan bahasa assembly bertugas mengatur fungsi dari hardware atau perangkat keras yang terdapat di dalam laptop maupun komputer.

BIOS yang mampu melakukan inisialisasi atau lebih terkenal dengan penyalaan dan juga pengujian terhadap perangkat keras, jika terjadi kesalahan dalam pengaturannya, maka bukan tidak mungkin jika menimbulkan laptop no bootable device.

Bukan hanya itu saja, jika terjadi pengaturan yang salah pada BIOS ini, maka akan mengganggu berbagai sistem yang ada di dalam laptop. Seperti halnya sistem operasi serta aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras atau hardware.

Tentunya dengan kita mengetahui berbagai penyebab laptop no bootable device, maka akan lebih mudah dalam menentukan perbaikan yang tepat untuk dilakukan. (R10/HR-Online)

Loading...