Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita CiamisKetua DPW PPNI Jabar; Perawat Harus Siap Siaga Kapanpun

Ketua DPW PPNI Jabar; Perawat Harus Siap Siaga Kapanpun

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat, H. Wawan Hernawan, meminta kepada pengurus PPNI kabupaten/kota di Jabar, untuk senantiasa menjadi garda terdepan dalam setiap penanganan kesehatan di masyarakat, seperti halnya bahaya virus corona.

“Jelas ini menjadi tugas perawat dalam melakukan penanganan,” katanya kepada HR Online, di Gedung DPD PPNI Kab Ciamis, Selasa (10/3/2020).

Terlebih, sambungnya, dengan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki saat ini sudah mumpuni, sehingga mereka harus siap siaga kapanpun dibutuhkan.

“Mereka yang tergabung dalam organisasi PPNI, saat ini mulai bangkit penambahan jumlah keanggotanya. Itu menandakan perawat sangat peduli terhadap profesi, terutama dalam masalah penanganan kesehatan,” ungkapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh perawat yang ada di Kab Ciamis, untuk terus menjalin komunikasi dengan baik antar perawat dalam organisasi PPNI ini.

“Tidak hanya itu, juga bisa sinergis dengan pemerintah Ciamis,” katanya.

Karena, kata dia, PPNI itu sebagai mitra pemerintah dan juga masuk dalam pemerintahan, dengan tidak sedikit profesi perawat masuk sebagai ASN. Dan itu memudahkan dalam penanganan kesehatan sesuai keinginan pemerintah daerah.

Wawan menambahkan, dari data yang ada, di Ciamis hampir semua kepala puskesmas memiliki latar belangkang sebagai atau berprofesi perawat.

“Maka dari itu, berikan kami kepercayaan penuh dalam masalah meningkatkan masalah kesehatan di Ciamis, dengan bekerja sama yang harmonis bersama dinas kesehatan,” ujarnya.

Saat ini jumlah pengurus PPNI di Jabar ada sekitar 68 ribu. Dengan jumlah yang tidak sedikit itu, Wawan mengungkapkan bahwa jika pihaknya berpolitik, maka PPNI bisa mendapatkan kursi.

“Kami adalah organisasi profesi yang menjungjung tinggi etika dan norma. Jadi kami tekankan pengurus dan anggota PPNI jangan berpolitik,” tegasnya.

Terdepan dalam Penanganan Virus Corona

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, Dr Yoyo, mengatakan, keberadaan organisasi profesi seperti PPNI ini jelas menjadi wadah yang baik bagi para perawat.

Yoyo juga sependapat, bahwa perawat senantiasa menjadi garda terdepan dalam setiap penanganan kesehatan di masyarakat, seperti virus corona.

Menurutnya, peran perawat jelas menjadi yang terdepan dalam melakukan penanganan virus corona di Ciamis

“Seperti kita melakukan penanganan virus corona yang sedang kita lakukan saat ini di Ciamis,” katanya.

Meski di Ciamis belum ditemukan suspect corona, akan tetapi kinerja yang dilakukannya saat ini perlu diapresiasi dengan baik.

“Karena mereka yang bersentuhan langsung dengan warga masyarakat,” pungkasnya. (Es/Koran HR/R5)

- Advertisment -