Petugas Puskesmas di Ciamis Kenakan Jas Hujan untuk Cegah Penularan Corona

Petugas Puskesmas Rancah Ciamis Kenakan Jas Hujan untuk Cegah Penularan Corona
Para petugas kesehatan Puskesmas Rancah, Kabupaten Ciamis, mengenakan jas hujan plastik untuk melindungi diri dari penularan virus corona. Foto : Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Belum adanya alat pelindung diri seperti jas hazmat, para petugas kesehatan di Puskesmas Rancah, Kabupaten Ciamis, terpaksa mengenakan jas hujan plastik ketika melayani masyarakat, yang datang berobat ke puskesmas.

Kepala Puskesmas Rancah, Yosi Garniwa, ketika ditemui HR Online, Selasa (24/3/2020), mengungkapkan, penggunaan jas hujan tersebut sebagai antisipasi pelindung dan juga guna menangkal penyebaran virus corona, khususnya di puskesmas saat melayani warga berobat.

“Selain masker dan sarung tangan cairan sanitizer, jas hujan dari plastik juga kita gunakan untuk menangkal penyebar virus corona. Sehingga, warga yang berobat juga aman dan petugas kesehatan pun nyaman dalam menjalankan tugas melayani warga,” jelasnya. 

Hal senada diungkapkan salah seorang perawat Puskesmas Rancah, Asep. Menurutnya, mengenakan jas hujan plastik yang dipakai petugas kesehatan itu, tiada lain sebagai bentuk antisipasi pencegahan virus corona di wilayah Kecamatan Rancah.

“Ini sebagai salah satu bukti Puskesmas Rancah melakukan pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona,” katanya.

Selain Pakai Jas Hujan Juga Terapkan Social Distancing

Selain itu, para petugas Puskesmas Rancah juga melakukan penanganan lain, seperti membatasi jarak duduk antara pasien.

“Jadi saat datang ke puskesmas yaitu kursi yang disimpan di ruang tunggu, kita atur dengan pembatas. Sehingga pasien yang datang duduknya tidak berdempetan, seperti sebelum adanya penyebaran virus corona ini,” ucapnya.

Asep menambahkan, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat, supaya tidak resah terkait virus corona.

Menurutnya, selagi menaati peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Ciamis, salah satunya tidak ngariung dengan jumlah banyak dalam satu tempat, maka itu bisa mencegah penyebaran virus corona.

Walaupun sampai saat ini wilayah Rancah masih aman atau belum terdekteksi ada warga yang terjangkit corona, namun pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pencegahan.

Asep juga mengimbau ke seluruh warga Kecamatan Rancah, untuk menjalankan pola hidup bersih, seperti cuci tangan dan kaki setiap saat dengan sabun, serta juga tidak lupa membersihkan lingkungan.

“Kalau merasa tidak enak badan, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke puskesmas,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online)

Loading...