Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisPHRI Ciamis Minta Kompensasi dari Pemerintah Daerah

PHRI Ciamis Minta Kompensasi dari Pemerintah Daerah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Perhimpunan Hotel dan Restoran atau PHRI Ciamis meminta kompensasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis.

Kompensasi atau keringanan tersebut berkaitan dengan kewajiban pembayaran pajak dan retribusi daerah selama masa penanganan wabah virus corona atau Covid-19.   

Ketua BPC PHRI Ciamis, Danni Gardani, ketika dihubungi HR Online, Sabtu (21/03/2020), mengungkapkan bahwa hotel dan restoran memiliki pengeluaran wajib dan rutin setiap bulannya.

Pengeluaran wajib dan rutin tersebut diantaranya, kata Danni, pajak hotel, pajak air bawah tanah, retribusi sampah, biaya utilitas (air dan listrik), insentif pegawai dan lain sebagainya.

“Termasuk pengeluaran biaya atau setoran kepada pihak perbankan,” katanya.

Menurut Danni, PHRI Ciamis berharap pemerintah memberikan penangguhan atau pembebasan dalam hal pembayaran kewajiban bagi hotel dan restoran selama masa penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

Selain itu, kata Danni, pihaknya juga meminta pemerintah memfasilitasi alat ukur suhu dan disinfektan gratis untuk membantu upaya mengantisipasi wabah virus corona di lingkungan hotel dan restoran.   

Pada kesempatan tersebut, Danni menambahkan, PHRI Ciamis akan mengagendakan secara khusus untuk bertemu dan duduk bersama dengan Pemerintahan Kabupaten Ciamis.

Namun demikian, pihaknya masih akan menunggu hasil pertemuan antara BPD PHRI Jawa Barat dengan Pemerintah Pemrov Jawa Barat yang tertunda akibat masa penanganan wabah virus corona.

“Sejatinya minggu-minggu ini BPD PHRI Jabar akan bertemu dengan Pemprov Jabar, untuk menyampaikan sejumlah usulan atau aspirasi. Namun karena kejadian ini (wabah virus corona), pertemuan ditunda sementara waktu,” katanya.

Menurut Danni, sejalan dengan agenda BPD PHRI Jabar, BPC PHRI Ciamis juga memiliki agenda serupa dengan pemerintah daerah.

“Diantaranya menyampaikan sejumlah aspirasi atau usulan berkaitan dengan sektor perhotelan dan restoran di Kabupaten Ciamis,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -