Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisAntisipasi Virus Corona, Polisi-TNI Gelar Aksi Bersih-bersih di Pusat Kota Ciamis

Antisipasi Virus Corona, Polisi-TNI Gelar Aksi Bersih-bersih di Pusat Kota Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona, jajaran anggota Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis dan Pemkab Ciamis melaksanakan aksi bersih-bersih fasilitas tempat umum di pusat kota Ciamis, Sabtu (14/3/2020).

Aksi bersih-bersih lingkungan perkotaan Ciamis ini rencanya akan dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu (14-25/3/2020). Aksi sosial ini dimulai dari halaman Mapolres Ciamis, lalu para petugas dibagi menjadi 4 kelompok.

Mereka membawa peralatan kebersihan seperti perkakas, sapu, pengki, kantong keresek dan lainnya. Para petugas pun terlihat memungut sampah dan menyapu lalu memasukannya ke dalam armada sampah dari Dinas Kebersihan Ciamis.

Pantauan HR Online di lapangan, sasaran lokasi bersih-bersih tersebut yakni Alun-alun Ciamis, Masjid Agung Ciamis, Stasiun Ciamis, Terminal Ciamis dan sejumlah tempat umum lainnya kerap didatangi masyarakat.

Saat dihubungi, Wakapolres Ciamis Kompol Ari Setyawan mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian para petugas terhadap kebersihan. Kata dia, dengan lingkungan yang bersih diharapkan dapat mencegah munculnya berbagai penyakit di masyarakat.

“Kegiatan bersih-bersih ini diharapkan mampu mencegah berbagai penyakit, termasuk untuk menangkal virus corona. Lingkungan yang sehat akan membuat tubuh sehat, sehingga tidak mudah tertular penyakit,” ujarnya.

Pihaknya pun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis, agar dapat membudayakan kegiatan bersih-bersih di lingkungannya masing-masing. Apalagi saat ini musim pancaroba, ancaman penyakit bukan hanya virus corona, namun penyakit DBD juga menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Penyakit demam berdarah ini diakibatkan dari nyamuk yang berasal dari lingkungan yang kotor. “Selain membersihkan lingkungan, kita juga harus rutin berolahraga, makan-makanan sehat agar tidak mudah terkena penyakit,” pungkas Ari. (Fahmi2/R8/HR Online)

- Advertisment -