Ponsel Tidak Ada Jaringan, Cari Tahu Penyebab dan Solusinya di Sini!

Ponsel Tidak Ada Jaringan
Ilustrasi Ponsel Tidak Ada Jaringan. Foto: Istimewa

Ponsel tidak ada jaringan atau mendadak sinyalnya hilang, tentu anda akan merasa kesal. Untuk bisa terus berkomunikasi dan menjelajah dunia maya, sinyal sangat dibutuhkan.

Cuaca buruk atau sedang berada di wilayah tertentu menjadikan jaringan tiba-tiba tidak muncul. Sebaiknya anda segera mengecek SIM card ataupun permasalahan lainnya.

Penyebab Ponsel Tidak Ada Jaringan

Sinyal atau jaringan hp hilang atau tidak muncul disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah karena anda berada di wilayah luar cakupan jaringan.

Selain itu, perbaikan jaringan yang dilakukan oleh operator juga membuat sinyal lemah. Begitu pula dengan faktor cuaca dapat mempengaruhinya.

Kemudian hp tak ada jaringan juga bisa disebabkan karena kerusakan pada hardware dari handphone. Aplikasi atau software yang mengalami masalah akan berdampak pada jaringan hp juga.

Jika sinyal tidak muncul, anda bisa cek pada Signal Receiver ponsel. Kemungkinan terdapat masalah yang tidak anda ketahui. Jika telah mengetahui penyebabnya, maka solusi permasalahan dapat diatasi dengan berbagai cara.

Cara Mengatasi Ponsel Tidak Ada Jaringan

Titik permasalahan sinyal hp yang menghilang harus dicari supaya dapat diatasi. Pada umumnya, masalah tersebut berasal dari dua sumber. Pertama provider dan yang kedua dari ponsel itu sendiri.

Anda dapat melepas SIM card dan memasangnya ke ponsel lain. Jika sinyal tetap saja tidak muncul setelah dipasang pada hp lain, maka permasalahan bukan pada ponsel. Cobalah untuk menghubungi bagian customer service provider.

Pasalnya, kemungkinan SIM card anda bermasalah. Namun, dapat dikatakan hp anda yang bermasalah jika SIM card masih bisa dipakai untuk layanan SMS atau telepon. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi hp tidak ada jaringan.

Airplane Mode

Mode pesawat atau airplane mode menjadi salah satu cara mengatasi ponsel tidak ada jaringan. Cara yang satu ini terbilang mudah.

Anda hanya perlu mencari mode pesawat yang ada di ponsel anda, kemudian aktifkan. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit.

Jika dirasa sudah cukup, anda bisa mematikan mode pesawat tersebut. Dalam langkah ini, secara otomatis ponsel anda akan melakukan pencarian ulang jaringan.

Restart HP

Selain airplane mode, hp yang tak ada jaringan juga bisa diatasi dengan melakukan restart. Meski terdengar sepele, namun cara ini terbukti ampuh dalam mengembalikan jaringan ponsel.

Cara ini semakin direkomendasikan jika ponsel yang anda gunakan memang sudah lama tak direstart. Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

Pencarian Jaringan Secara Manual

Cara mengatasi ponsel tidak ada jaringan selanjutnya yaitu dengan melakukan pencarian jaringan secara manual. Jika segala upaya diatas telah anda lakukan namun tak membuahkan hasil, anda patut coba cara ini.

Untuk melakukannya pun terbilang mudah. Anda bisa mulai dengan masuk ke menu Settings yang ada di ponsel anda. Kemudian pilih Network.

Jika sudah, anda bisa lanjut memilih Connections. Lalu klik Mobile Network. Agar jaringan bisa terdeteksi, anda pilih Operator dan klik Select Automatically.

Apabila langkah tersebut sudah anda ikuti dengan benar, maka hp yang anda gunakan akan langsung mencari jaringan. Anda tunggu saja hasilnya.

Cek Pengaturan APN

Perlu untuk anda ketahui, pengaturan APN yang salah bisa menyebabkan jaringan menjadi eror. Maka dari itu, pastikan anda mengeceknya.

Untuk mengatasi ponsel tidak ada jaringan ini terbilang sederhana. Anda tinggal pilih menu Setelan. Kemudian klik Kartu SIM. Setelah itu, pilih Jaringan Seluler dan klik APN.

Dalam cara ini, anda harus pahami bahwa pengaturannya dipengaruhi oleh provider yang anda gunakan. Hal ini berarti pengaturan APN untuk satu provider dengan provider lain tidak sama.

Kembali ke Setelan Pabrik

Kembali ke Setelan Pabrik atau yang juga dikenal dengan istilah factory reset juga bisa digunakan untuk mengatasi hp yang tak ada sinyal.

Hanya saja, cara yang satu ini akan membuat anda kehilangan semua data yang ada di ponsel anda. Mulai dari foto, file, video, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, sebelum anda mencoba cara ini, akan lebih baik jika anda mencadangkan atau back up semua data yang ada di ponsel anda.

Dengan begitu, anda tak akan merasa kehilangan atau merugi ketika ponsel sudah dikembalikan ke Setelan Pabrik. Ketika cara mengatasi ponsel tidak ada jaringan ini sudah anda lakukan pun, dijamin jaringan bisa terdeteksi. (R10/HR-Online)