Posisi Tidur Terbaik untuk Menunjang Kesehatan

seorang perempuan sedang tertidur menyamping

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Posisi Tidur Terbaik untuk Menunjang Kesehatan. Memilki waktu tidur cukup memang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

Namun ternyata waktu tidur yang cukup saja masih belum efektif untuk menjaga kesehatan.   Pasalnya posisi tidur ternyata juga mempengaruhi kesehatan dan kualitas tidur kita.

Nah, lalu  bagaimana posisi tidur Anda sekarang? Apakah  berbaring, tengkurap, atau telentang. Posisi tidur bagaimana yang terbaik? Untuk mengetahuinya, berikut ini informasinya!

Posisi Tidur Terbaik

Posisi Tidur Telentang

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Purewow, posisi tidur telentang dinilai menjadi posisi tidur terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh lho guys.

Dampaknya pun disebut berjangka panjang, diantaranya untuk menjaga kesehatan bentuk tulang dan posisi sendi.

Mengapa tidur telentang baik untuk kesehatan? Jadi pada saat kita berbaring telentang, maka berat badan akan lebih merata ke seleruh tubuh.

Bukan hanya itu, posisi tidur telentang ini juga akan membuat wajah akan mengarah ke atas, sehingga tidak memberikan tekanan eksternal pada leher.

Dengan posisi ini, maka tulang belakang, leher maupun kepala Anda akan berposisi netral, sehingga akan baik untuk mencegah penyakit lambung.

Posisi ini juga bermanfaat menyembuhkan nyeri punggung bagian bawah. Selain itu, posisi tidur telentang juga berguna untuk mencegah kerutan pada wajah.

Posisi Tidur Menyamping

Selain menjaga kesehatan tubuh, Posisi Tidur Terbaik ternyata juga mempengaruhi kesehatan otak. 

Nah, posisi tidur menyamping dinilai baik untuk menunjang pembuangan limbah dari otak, sehingga berefek pada menurunnya resiko penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Posisi tidur menyamping juga dinilai efektif untuk mengurangi kebiasaan mendengkur atau mengorok.

Terutama bagi wanita hamil maupun penderita penyakit asam lambung, posisi tidur ini juga sangat dianjurkan.Namun kurang dianjurkan bagi penderita sakit leher dan sakit punggung.

Sayangnya, dibalik sisi positifnya, posisi tidur tersebut juga memiliki efek negatif. Diantaranya yaitu bisa membuat payudara kendor serta dapat memunculkan kerutan dini pada wajah.

Tidur menyamping juga dapat berefek pada terbatasnya pernapasan melalui diafragma.

Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap juga baik untuk kesehatan. Posisi ini sangat cocok terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Posisi ini juga efektif bagi Anda yang ingin memiliki bentuk payudara terjaga serta menghindari wajah berkerut. Namun posisi ini tidak dianjurkan bagi penderita nyeri punggung dan nyeri leher.

Posisi tengkurap juga dapat menambah tekanan pada otot leher, sendi, dan saraf. Sehingga jika Anda memaksakan maka bisa menimbulkan kesemutan atau nyeri.

Posisi Tidur Terbaik dengan tengkurap dapat Anda coba dengan meletakkan bantal sebagai penyangga di dahi. Lalu, posisikan wajah menghadap ke bawah, bukan menoleh ke kanan atau ke kiri.  Hal tersebut agar jalan napas terbuka dengan lancar. (Deni/R4/HR-Online)