Jumat, Juli 1, 2022
BerandaTeknologiAplikasiPulihkan Pesan WhatsApp Terhapus, Begini Caranya!

Pulihkan Pesan WhatsApp Terhapus, Begini Caranya!

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Pulihkan Pesan WhatsApp Terhapus, Begini Caranya! Cara memulihkan pesan WhatsApp merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui.

Pesan WhatsApp yang hilang tentu akan mencemaskan sekali, terlebih jika pesan tersebut merupakan pesan yang penting atau pesan yang berkaitan dengan bisnis, atasan dan bahkan pesan dari orang yang dikasihi.

Bagi Anda yang mengalami masalah mengenai pesan WhatsApp terhapus tersebut, tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya Anda bisa menggunakan fitur mencadangkan atau backup pesan WhatsApp.

Cara Pulihkan Pesan WhatsApp Terhapus

Buka Aplikasi WhatsApp

Untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, maka pertama yang Anda perlu lakukan ialah membuka aplikasi whatsapp yang sudah terinstal di smartphone kesayangan.

Akses Pengaturan WhatsApp

Cara Pulihkan Pesan WhatsApp selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melakukan klik ikon titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas pada aplikasi WhatsApp. Pada menu tersebut silahkan pilih menu setting.

Masuk Menu Chats

Setelah Anda mengeklik menu setting, maka selanjutnya silahkan masuk ke menu chats. Pada menu chats tersebut ada beberapa menu yang akan muncul nantinya. Nah, pada menu ini, silahkan pilih menu chat backup.

Tentukan Akun Backup Chat WA

Langkah berikutnya Cara Pulihkan Pesan Whatsapp yaitu ketika Anda sudah masuk pada menu chats maka disana terdapat kolom backup.

Anda perlu memilih menu backup tersebut. Namun sebelumnya pastikan dahulu jika Anda sudah memasukkan akun Google Drive pada kolom account.

Pada menu backup tersebut, Anda juga bisa backup video yang hilang dalam pesan lama maupun baru dengan menandai menu include videos.

Mulai Proses Backup

Selanjutnya untuk memulihkan pesan WhatsApp Anda yaitu dengan klik backup. Setelah melakukan backup, maka secara otomatis aplikasi akan mengunggah data pada WhatsApp Anda ke Google Drive. Data tersebut yaitu termasuk foto dan video yang hilang dalam pesan Anda.

Namun pada proses backup tersebut, apabila foto dan video Anda sebelumnya belum diunduh, maka tidak bisa melakukan backup pesan.

Kembalikan Chat WhatsApp

Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, maka Anda perlu menginstal aplikasi whatsapp pada ponsel yang baru. Setelah itu maka Anda akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan Restore Backup. Silahkan Anda klik Restore, maka secara otomatis aplikasi akan mengunduh data pesan dan media lama.

Namun perlu diingat jika WhatsApp tidak dapat mendeteksi adanya cadangan, kemungkinan karena Anda tidak terhubung dengan akun Google yang sama.

Atau mungkin hal tersebut disebabkan karena Anda menggunakan nomor yang berbeda dengan yang digunakan untuk backup. Itulah cara pulihkan pesan WhatsApp yang terhapus. Ternyata sangat mudah bukan? (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -