Racik Disinfektan Sendiri, Pemuda di Panawangan Ciamis Semprot Lingkungan Cegah Corona

Pemuda di Panawangan
Penyemprotan disinfektan di Dusun Emblegan, Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Cegah penyebaran virus Corona Covid-19, sejumlah pemuda di Panawangan, tepatnya di Dusun Emblegan, Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, mensterilkan lingkungan dengan disinfekstan, Jum’at, (27/03/2020).

Dimas Adrianto, FK Tagana Kabupaten Ciamis, mengatakan, untuk mencegah penyebaran virus Corona kegiatan Penyemprotan dilaksanakan mulai 24 sampai 26 maret 2020.

“Sasarannya itu lingkungan masyarakat RT 01 sampai RT 09. Semua rumah warga dan tempat tempat umum yang adanya di dusun Emblegan disemprot disinfekstan,” kata Dimas.

Lanjut Dimas, kegiatan penyemprotan disinfekstan yang dilakukan oleh pemuda Dusun Emblegan, murni inisiatif masyarakat tanpa ada bantuan dari Pemerintah.

“Sumber anggaran yang digunakan murni dari swadaya masyarakat dan paguyuban pemuda L- GANT dusun Emblegan,” terang Dimas.

Upaya yang dilakukan para pemuda di Panawangan, tepatnya di Dusun Embelgan ini merupakan usaha untuk mencegah penularan virus Corona.

“Apa yang dilakukan pemuda merupakan perlindungan diri dalam mencegah agar tidak tertular virus Corona,” katanya.

Dimas menambahkan, disinfekstan yang disemprot kannya pun hasil racikan para pemuda yang dibuat dari wipol, bayclin, dan soklin lantai.

Sementara Agus Sugianto, petugas penyemprotan, menambahkan, meski, disinfekstan yang disemprotkan hasil racikan para pemuda, fungsinya sama dengan disinfekstan dari toko, yakni dapat membunuh bakteri, jamur virus, termasuk virus influenza.

“Disinfekstan pada intinya merupakan sebuah cairan kimia yang diciptakan untuk mencegah infeksi agar terhindar dari virus Corona,” kata Agus.

Pemuda di Dusun Emblegan, disebut Agus sebagai pelopor penyemprotan disinfektan di Desa Nagarajaya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...