Rancangan Denah Rumah 3 Kamar yang Nyaman dan Fungsional

denah rumah 3 kamar
Ilustrasi denah rumah 3 kamar. Fptp: Istimewa

Aplikasi denah rumah 3 kamar sebenarnya termasuk perencanaan untuk rumah sedang atau besar. Model rumah 3 kamar biasanya ditinggali oleh keluarga dengan jumlah yang tak sedikit. Pembuatan denah rumah semacam ini memang bukan perkara mudah.

Apalagi jika tanah yang Anda miliki terbatas sehingga Anda mesti memperhitungkan aspek fungsionalitasnya secara optimal.

Begitu juga jika Anda ingin membangun rumah di pinggiran kota yang harga tanahnya masih relatif lebih murah sehingga tanah yang Anda miliki lebih luas. Merancang rumah yang luas tak kalah rumit dengan model rumah minimalis.

Menata dan merancang denah rumah 3 kamar atau dengan banyak ruang memang akan memberikan tantangan tersendiri. Apalagi ini tak sekedar memenuhi kebutuhan kamar untuk anggota keluarga.

Dalam merancangnya Anda harus memperhitungkan mengenai penggunaan ruang yang cukup banyak. Anda juga mesti memikirkan banyak hal lainnya agar komunikasi di dalam rumah terbangun optimal.

Ragam Model Denah Rumah 3 Kamar yang Populer

Saat ini ada banyak rancang desain rumah yang bisa dijadikan inspirasi. Untuk memudahkan Anda dalam merancang denah rumah berikut kamar tidur yang apik, nyaman, dan fungsional di bawah ini beberapa model yang populer.

Aksesibilitas Tiap Kamar Pada Fungsi Penunjang

Pada saat Anda akan membuat denah rumah dengan banyak kamar, maka hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah mengenai ketersediaan ruang penunjang seperti kamar mandi.

Baca juga: Inspirasi Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Terbaru Anti Mainstream

Dalam hal ini Anda tidak harus memberikan setiap kamar tidur dengan kamar mandi. Yang penting pastikan rancangan denah rumah yang dibuat memiliki aksesibilitas yang baik pada ruangan tersebut tanpa perlu melewati fungsi lain.

Denah Rumah 3 Kamar dengan 2 Lantai

Apabila denah kamar tidur akan dibangun di atas lahan terbatas, maka solusi terbaiknya adalah membuat rumah 2 lantai. Jika penghuni rumah berusia relatif muda, tidak ada salahnya membuat semua kamar ada di lantai 2.

Hal ini berguna agar area privat dengan publik bisa dipisahkan dengan baik. Namun jika ada penghuni dengan usia yang cukup tua, maka Anda harus menyediakan kamar di lantai dasar.

Penempatan Kamar dalam Satu Area

Meskipun rumah tidak berdiri 2 lantai tetapi menempatkan tiap kamar pada satu area yang sama merupakan hal yang juga baik diaplikasikan. Model denah rumah 3 kamar ini akan menjaga komunikasi antar penghuni rumah.

Hal ini juga akan memudahkan pembagian zona pada denah rumah dan membuat pemisahan area privat dengan publik menjadi jauh lebih praktis. Pembatasan ini bisa dibuat secara tegas dengan tembok ataupun dengan ruangan terpisah.

Baca juga: Merancang Denah Rumah Mewah nan Apik yang Patut Dicoba!

Namun jangan lupa untuk memastikan area privat yang Anda miliki jauh dari sumber kebisingan dan area publik pun masih tetap bisa mengakses sirkulasi yang ada, baik udara ataupun pencahayaan.

Mengutamakan Kenyamanan Tiap Kamar

Perlu diketahui bahwa salah satu tantangan dalam membuat denah rumah 3 kamar adalah memastikan masing-masing ruang kamar memiliki kenyamanan yang maksimal. Karena itu pastikan setiap kamar tetap mendapat sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

Alasannya, ini akan menjadi kebutuhan mendasar untuk membuat atmosfer ruangan menjadi lebih nyaman. Hindari kamar dengan hal yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan, seperti berdekatan dengan dapur, jalanan, atau garasi.

Nah, itulah beberapa gambaran model denah rumah 3 kamar yang semoga bisa menjadi inspirasi. Selain itu sesuaikan denah rumah Anda dengan perabotan, furniture, dan dekorasi interior untuk menciptakan tampilan yang apik. (R9/HR-Online)

Loading...