Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisRangkaian HUT PPNI, Puluhan Perawat di Ciamis Ikuti Pelatihan Khitan

Rangkaian HUT PPNI, Puluhan Perawat di Ciamis Ikuti Pelatihan Khitan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 20 perawat mengikuti pelatihan khitan yang digelar DPD PPNI Kabupaten Ciamis. Pelatihan yang masih dalam rangkaian HUT PPNI ini bekerjasama dengan lembaga pendidikan kesehatan di Ciamis.

Ketua DPD PPNI Ciamis, Acep Joni, menjelaskan, pelatihan yang dikuti para perawat di berbagai tempat pelayanan kesehatan ini tiada lain untuk meningkatkan mutu dan pengetahuan di bidang khitan.

Apalagi para peserta merupakan perawat yang memiliki keahlian dasar khitan dan sebagian sudah membuka praktik.

“Sampai sekarang petugas khitan di Ciamis masih terbatas, terutama yang memiliki sertifikat. Sebab, untuk membuka klinik khitan harus punya sertifikat,” jelasnya, Jum’at (13/3/2020).

Panitia pelatihan, Asep Gunawan, menambahkan, di Kabupaten Ciamis baru ada sekitar 150 perawat yang mahir dalam bidang khitan. Jumlah tersebut tersebar di 27 kecamatan yang ada di Ciamis.

“Selain menambah pengetahuan bagi mereka yang sudah buka praktik, mereka juga dipersiapkan untuk momen-momen tertentu yang mengadakan acara sunatan massal,” katanya.

Pelatihan khitan yang berlangsung dua hari ini, kata Asep, peserta selain diberikan berbagai teori, juga melakukan praktik di hari kedua. Dari pelatihan ini, peserta juga mendapatkan sertifikat sebagai legalitas kompetensi di bidang khitan.

Sementara itu, dr Dadang S Anwar, SPB, pemateri dalam kegiatan tersebut, menjelaskan, masalah khitan sangat berkaitan dengan bedah, sehingga tidka sembarang orang bisa melakukan tindakan tersebut.

Karena itu, orang yang melakukannya harus benar-benar memiliki keahlian khusus di bidang khitan.

“Pada dasarnya peserta pelatihan mereka sudah memiliki keahlian, sehingga tidak sulit ketika diberikan materi. Namun pada kesempatan ini adalah kita memantapkan mereka, agar saat menjalankan tugas sesuai dengan SOP,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

- Advertisment -