Rekomendasi HP Realme 5, Smartphone Entry Level dengan Spek Mumpuni

Rekomendasi HP Realme 5
Rekomendasi HP Realme 5. Photo: Net/Ist.

Rekomendasi HP Realme 5 buat kamu yang tengah mencari smartphone murah namun sudah dibekali spesifikasi yang mumpuni. HP Realme 5 merupakan perangkat pintar yang dibandrol harga terjangkau dengan spesifikasi cukup lengkap di kelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen ber-budget minim, vendor ponsel asal Tiongkok itu kerap meluncurkan smartphone murah. Salah satunya Realme 5 yang hadir sebagai penerus seri Realme 3.

Saat ini, harga yang ditawarkan untuk Realme 5 varian 3GB/64GB Rp 1,7 jutaan, sedangkan varian 4GB/128GB Rp 2,1 jutaan.

Kisaran harga sebesar itu bisa dibilang murah dengan spesifikasi yang dibawanya, seperti quad-camera, prosesor mumpuni, serta baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/03/2020), berikut ini ulasan salah satu smartphone entry level dari Realme yang dibekali spesifikasi mumpuni.

Rekomendasi HP Realme 5 dengan Spek Mumpuni

Desain

Smartphone entry level besutan Realme yang satu ini memiliki desain yang menarik. Bagian bodi perangkat menggunakan bahan plastik polikarbonat, sama halnya seperti Realme seri sebelumnya.

Balutan warna ungu glossy untuk bodi belakang dengan desain warna gradien yang ditampilkan akan berubah warna, tergantung sudut cahaya.

Selain quad-camera, di bagian bodi belakang kamu juga bisa menemukan sensor fingerprint. Sensor ini cukup responsif, akurat, dan cepat.

Untuk tombol power/off berada di sisi kanan bodi perangkat, sedangkan di sisi kirinya terdapat tombol volume dan slot microSD serta slot SIM.

Beralih ke bagian bawah, Realme menyertakan port micro USB, headphone jack 3.5mm, speaker pada HP Realme 5 besutannya.

Perangkat ini juga sudah dibekali teknologi face unlock untuk membuka perangkat. Untuk desain layar seluas 6,5 inci HD Plus mengusung notch dewdrop, dilengkapi teknologi Gorilla Glass 3+ dari Corning.

Performa

Dengan dukungan chipset Snapdragon 665 dipadukan RAM 3GB/4GB, dan memori internal 32GB/128GB menjadi salah satu rekomendasi HP Realme 5 yang patut diperhitungan.

Terlebih memori internal pada smartphone ini bisa diperluas hingga 256GB melalui penggunaan microSD.

Untuk digunakan sehari-hari, seperti membuka sejumlah aplikasi, browsing internet, dan nonton video streaming sampai berjam-jam akan berjalan lancar.

Begitu pula jika dipakai untuk bermain game seperti Mobile Legends, Fist of North Star, dan Saint Seiya: Awakening, Realme 5 mampu melaluinya tanpa kendala.

Bahkan, berdasarkan pengujian aplikasi AnTuTu, perangkat ini memperoleh skor rata-rata mencapai 136.901. Sedangkan diuji melalui Geekbench mendapat skor dengan kecepatan multi-core 1340 dan single-core 308.

Software

Keunggulan dari rekomendasi HP Realme 5 berikutnya adalah di sektor software yang mengandalkan OS Android 9 Pie buatan Realme, yakni ColorOS 6 terbarunya.

Pada ColorOS 6, pihak perusahaan menyertakan beberapa pembaruan di UI (User Interface, seperti app drawer sehingga ikon aplikasi bawaan tidak berantakan.

Selain itu, Realme juga menyertakan banyak bloatware ke dalam perangkatnya untuk memberikan pengalaman bernavigasi yang cukup memuaskan.

Baterai

Kinerja perangkat juga didukung oleh baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu pengguna tidak perlu khawatir cepat kehabisan daya.

Untuk digunakan aktifitas sehari-hari seperti chatting, membuka media sosial, atau bermain game, semartphone entry level ini mampu bertahan hingga dua hari hanya dengan sekali nge-charge.

Kamera

Rekomendasi HP Realme 5 dari sektor fotografi juga sangat mumpuni di kelasnya. Perangkat ini memiliki quad-camera terdiri dari kamera utama 12 MP, wide angle 8 MP, depth sensor 2 MP, dan kamera macro 2 MP.

Sedangkan, untuk kebutuhan swafoto atau selfie, kamera depan Realme 5 beresolusi 13 MP dilengkap teknologi AI beautification mode.

Kemudian, untuk antarmuka di menu kamera menawarkan beberapa pilihan seperti Video, Photo, Portrait, Nightscape, Expert, Panorama, Timelapse, Ultra maco dan Slo mo.

Ketika memotret, HP Realme 5 mampu mengunci fokus objek secara cepat. Mode Portrait juga cukup baik dengan efek bokeh yang terbilang akurat.

Smartphone ini memiliki mode Nightscape yang bisa menghasilkan foto terlihat terang ketika dipotret dalam kondisi minim pencahayaan.

Harga

Rekomendasi HP Realme 5 dari segi harga yang ditawarkan saat ini, untuk varian RAM 3GB/32GB dibanderol dengan harga Rp 1,7 jutaan, dan varian RAM 4GB/128GB harganya Rp 2,1 jutaan.

Smartphone ini menyediakan dua pilihan warna, yakni crystal blue dan crystal purple. Realme 5 bisa dikatakan sebagai smartphone entry level terbaik untuk kisaran harga tersebut. (Eva/R3/HR-Online)