Resepsi Pernikahan di Tengah Wabah Corona, Wakapolres Banjar: Kita Tegakan Cara Humanis

Pernikahan di tengah wabah Corona

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Menyikapi banyaknya warga yang menggelar agenda resepsi pernikahan di tengah wabah virus Corona, Wakapolres Banjar, Kompol Ade Najmulloh, mengatakan, pihaknya akan menindak dengan cara-cara humanis.

Menurutnya, pembubaran secara paksa dalam resepsi pernikahan adalah cara yang tidak efektif dan kontradiktif karena akan menimbulkan risiko dan salah pengertian.

Adapun yang dilakukan oleh aparat kepolisian Polres Banjar, kata Kompol Ade Najmulloh, adalah dengan cara memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk mendata warga yang akan melakukan resepsi atau hajatan.

Setelah itu, bersama Kepala Desa/Lurah memberi pengertian kepada warga dan sahibul hajat terkait situasi saat ini mengenai penyebaran virus corona (covid-19).

“Kemudian para Kapolsek diperintahkan atas laporan dari Bhabinkamtibmas melakukan koordinasi dengan Kepala KUA setempat. Memberikan solusi bahwa acara pernikahan berupa akad nikah boleh dilakukan dengan SOP,” kata Wakapolres Banjar, Kompol. Ade Najmulloh.

Adapun terkait prosedur SOP untuk menangani resepsi pernikahan di tengah wabah Corona, lanjut Kompol Ade Najmulloh menjelaskan, di antaranya orang yang hadir dibatasi dan tempat duduk diatur jaraknya.

Selain itu, sahibul hajat juga harus menyediakan hand sanitizer dan menyediakan masker serta diperintahkan untuk melakukan penyemprotan disinfekan di lokasi akad nikah.

“Jadi tidak mendadak melakukan pembubaran dengan cara-cara memaksa bubar, karena itu tidak humanis dan hal yang tidak baik untuk dilakukan,” pungkasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online))

Loading...