Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruHP Realme X RAM 8GB dan Kamera 48 MP Jadi Unggulannya

HP Realme X RAM 8GB dan Kamera 48 MP Jadi Unggulannya

HP Realme X RAM 8GB dengan kamera 48 MP jadi unggulan smartphone flagship terbaru dari Realme yang diklaim menjadi posisi teratas di keluarganya. Kehadiran HP Realme X RAM juga kian memperkuat posisi Realme di pasar ponsel dunia.

Sebagai salah satu vendor ponsel asal Tiongkok, Realme membekali smartphone flagship-nya itu dengan performa yang mumpuni di kelasnya, dan juga kamera depan pop-up, serta sensor fingerprint di dalam layar.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (09/03/2020), berikut ini ulasan mengenai desain, spesifikasi, dan harga untuk Realme X sebagai smartphone flagship unggulan Realme.

Review HP Realme X RAM 8GB

Desain

Jika dibandingkan dengan produk Realme lainnya, smartphone ini memiliki desain yang berbeda. Bila dilihat sekilas desainnya mirip Oppo F11 Pro.

Dengan mengusung konsep kamera depan pop-up sehingga rasio layarnya mampu mencapai 90 persen.

Layar yang digunakan Realme X berpanel Super AMOLED seluas 6,53 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixel, sehingga nyaman saat digenggam.

Namun, bahan yang digunakan untuk membalut bodinya, Realme X masih menggunakan material plastik, jadi bekas sidik jari mudah menempel.

Untuk memudahkan pengguna membuka kunci smartphone, Realme membenamkan sensor fingerprint di dalam layar yang sangat responsif, tak sampai satu detik membuka kunci perangkat.

Fitur ini tak hanya digunakan untuk membuka kunci layar, tapi juga bisa dipakai untuk mengunci semua aplikasi.

Selain fingerprint, fitur keamanan yang dimiliki Realme X yaitu adanya fitur face unlock dan passcode.  

Sedangkan, tombol on/off berada di sisi kanan bodi, dan tombol volume di bagian kiri, serta kamera depan pop-up berada di sisi atas perangkat.

Kemudian, di bagian bawahnya terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya, serta audio jack 3.5 mm. Sementara, untuk speaker grill diletakan di samping keduanya.

Performa

Kinerja HP Realme X RAM 8GB ditenagai chipset Snapdragon 720 dari Qualcomm berkecepatan CPU hingga 2.2 GHz, dengan GPU Adreno 616.

Selain didukung RAM 8GB, Realme X juga dibekali memori internal 128GB sehingga pengguna bisa leluasa. Namun sayangnya, ponsel pintar ini tidak punya slot memori eksternal.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki rendering gambar 3D yang mampu berjalan sangat baik. Bahkan, dalam pengujian AnTuTu, Realme X mampu mencetak skor 156.615.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Pie dengan memiliki antarmuka ColorOS 6.0.

Realme X juga bisa berjalan dengan baik jika digunakan untuk bermain game mobile berat seperti PUBG Mobile, pengguna tidak akan menemukan lag.

Agar pengalaman pengguna dalam bermain game bisa lebih menyenangkan, Realme melengkapinya dengan fitur Game Space.

Dengan fitur tersebut pengguna bisa memblokir panggilan masuk serta kemunculan banner saat bermain game.

Kamera

Untuk menunjang kebutuhan fotografi, HP Realme X 8GB hadir dengan membawa sensor kamera utama 48 MP dari Sony IMX 568, dan 5 MP lensa depth sensor.

Sedangkan, kamera depannya untuk selfie beresolusi 16 MP aperture f/2.0 dengan menggunakan sensor dari Sony IMX 471.

Tentunya dengan resolusi sensor kamera sebesar itu membuat kualitas foto yang dihasilkan tidak akan mengecewakan, baik memotret dalam kondisi terang di siang hari maupun redup saat malam hari.

Keberadaan fitur Nightscape yang menjadi unggulan Realme juga bermanfaat untuk menghasilkan foto di malam hari.

Melalui fitur ini kamera mampu menangkap pemandangan malam dengan baik, kontras warna lebih tinggi dan detailnya juga lebih baik.

Begitu pula kamera depan pop-up 16 MP mampu bekerja secara baik. Saat memilih kamera depan, dalam waktu singkat langsung muncul di bagian atas perangkat.

Dengan desain kamera pop-up memang rentan mengalami kerusakan saat ponsel terjatuh. Namun, Realme telah memperhitungkan untuk keamanannya.

Apabila pengguna tak sengaja menjatuhkan perangkat ini, maka sistem akan langsung mendeteksinya, dan secara otomatis kamera kembali masuk ke dalam bodi smartphone.

Hasil kamera depan juga cukup memuaskan, tidak berlebihan dan tampak alami. Begitu pula kontras warna serta detail subjek gambar tidak terlihat berlebihan.

Kamera depannya juga dibekali fitur Portrait. Fitur lainnya yang dimiliki kamera Realme X adalah Expert, Nightscape, Pano, Slo-Mo, dan Time-Lappse.

Kesimpulan

HP Realme X 8GB dapat dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin memiliki smartphone flagship baru dengan spesifikasi cukup menggiurkan, dan harganya relatif terjangkau.

Tanpa perlu merogoh kocek hingga puluhan juta, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah smartphone flagship yang mumpuni.

Saat ini HP Realme X 8GB di sejumlah toko online dibandrol harga antara Rp 4 – 5 jutaan. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru